Share

Yogyakarta International Airport Beroperasi 6 Mei 2019

Koran SINDO, Jurnalis · Jum'at 03 Mei 2019 08:47 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 03 320 2050917 yogyakarta-international-airport-beroperasi-6-mei-2019-qmPId52lZm.jpg Ilustrasi: Foto Koran Sindo

KULONPROGO - Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo akan mulai beroperasi pada Senin 6 Mei 2019. Citilink akan menjadi maskapai domestik perdana yang mendarat di bandara ini.

Guna mematangkan kesiapan operasional, Citilink kemarin melakukan uji terbang (proving flight ) pesawat dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta (CGK)-YIA. Dengan pesawat Airbus A320-214 dan nomor penerbangan QG3361, Citilink sukses mendarat di landas pacu (runway) 11 YIA pada pukul 12.03 WIB.

Kemudian pesawat sukses lepas landas kembali ke CGK pada pukul 13.40 WIB. Proving flight dipimpin oleh Capt Agus Setiono yang didampingi Capt Teguh Kristiono dan Capt M Ali Imron. Ikut pula da lam uji terbang ini adalah per wakilan dari Direktorat Ke la yakan Peng operasian Pesawat Udara.

Baca Juga: Bandara Baru Yogyakarta Batal Diresmikan 29 April

Direktur Teknik PT Angkasa Pura I (persero) Lukman F Laisa mengatakan, kesuksesan proving flight ini merupakan milestone dari pembangunan YIA. “Hal ini tentunya membuktikan kesiapan infrastruktur yang mendukung keselamatan dan keamanan pengoperasian penerbangan komersial,” ujarnya.

Dalam operasional tahap awal nanti, Citilink akan melayani penerbangan dengan rute Halim Perdanakusuma Jakarta sebanyak tiga kali dalam sepekan. Setelah Citilink, penerbangan komersial sela jutnya yang rencananya akan beroperasi mulai 15 Mei adalah Batik Air dengan tujuan Samarinda, Palangkaraya, dan Cengkareng.

Lukman menjelaskan, dari sisi udara, YIA sudah siap 100%. Bandara ini didukung dengan panjang landas pacu 3.250 meter, lebar 45 meter, dan bahu landas pacu 15 meter di setiap sisi. Spefisikasi landas pacu ini mampu didarati pesawat berbadan besar seperti Boeing 777- 300 dan Airbus A380. Adapun fasilitas penyelamatan kecelakaan pesawat-pemadam kebakaran di YIA masuk dalam kategori 8.

Plts General Manager Bandara YIA Agus Pandu Purnama mengatakan, penerbangan pertama yang dilakukan Citilink merupakan kebanggaan bersama. Hal ini terlihat dari semua tahapan pendaratan yang mam - pu dilalui oleh pesawat dengan mulus, mulai final aproach, round down, sampai dengan parkir tidak ada kendala sama sekali.

“Hal ini sudah sesuai dengan standar internasional yang siap dipakai untuk penerbangan internasional,” ujarnya.

Baca Juga: Menhub: Airbus 380 Bisa Mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta

Menurutnya, untuk tahap awal, YIA lebih difokuskan untuk penerbangan domestik, sedangkan penerbangan internasional masih menunggu kesiapan dari maskapai. “Setidaknya sudah ada dari Silk Air dan Air Asia yang menyatakan tertarik, namun harus menunggu proses,” tandasnya.

Pandu melanjutkan, untuk Lebaran mendatang, penambahan penerbangan (extraflight ) langsung akan dialihkan ke YIA. Biasanya saat Lebaran ada lonjakan penumpang hingga terjadi layanan extraflight antara 20-30 penerbangan. Untuk kemudahan penumpang, nantinya akan ada angkutan kereta api dari Solo, Maguwo, dan Yogyakarta sampai dengan Stasiun Wojo.

Dari Stasiun Wojo, akan ada lima bus DAMRI yang akan melayani penumpang tujuan Bandara YIA. Sesuai rencana awal, peresmian YIA akan dilakukan Presiden Jokowi pada Minggu (28/4). Namun, rencana ini ditunda. Direktur Angkasa Pura I (persero) Faik Fahmi mengatakan, peresmian masih menunggu jadwal dari Presiden Jokowi.

General Manager AirNav Indonesia Cabang Yogyakarta Nono Sunariyadi memastikan sejak 28 Maret lalu jajarannya sudah siap di YIA. “Personel kita juga sudah siap. Kalau ada pesawat melintas atau mendarat kita sudah siap,” tegasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini