Share

Penerbangan Tambahan Lebaran Dipindah ke Bandara Internasional Yogyakarta

Kuntadi, Jurnalis · Senin 06 Mei 2019 16:52 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 06 320 2052192 penerbangan-tambahan-lebaran-dipindah-ke-bandara-internasional-yogyakarta-JGlCFVQiiD.jpg Foto: Okezone

KULONPROGO – Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) akan semakin ramai didarati pesawat pada arus mudik Lebaran nanti. Semua penerbangan tambahan (ekstra flight) di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta akan dipindah ke YIA.

“Semua ekstra flight di YIA akan kita arahkan kesini (YIA),” kata Direktur Pelayanan dan Pemasaran, PT Angkasa Pura I, Devi W Suradji saat menyambut kedatangan penumpang dalam penerbangan komersial perdana di bandara YIA, Senin (6/5/2019).

 Baca Juga: Wapres JK: Bandara Internasional Yogyakarta Paling Modern di Indonesia

Tahun lalu, kata Devi, ada 32 rute penerbangan ekstra yang ada di Adisutjipto. Diharapkan tahun ini jumlahnya sama agar penerbangan di YIA semakin ramai. Ekstra fight ini juga akan menjadi masa ujicoba dalam menentukan rute penerbangan baru.

Pelaksana Tugas Sementara (Plt) GM YIA, Agus Pandu Purnama, mengatakan dengan adanya penerbangan di YIA, tidak akan merubah rite yang ada di Adisutjipto. Rute di YIA akan lebih menyasar konsumen dan penumpang yang ada di Jawa Tengah Selatan, dan DIY.

“Next time pasti akan ada sharing, tetapi segmen pasarnya berbeda,” terangnya.

 Baca Juga: Bandara Internasional Yogyakarta Resmi Beroperasi

Selama sepekan ini penumpang yang akan ke YIA, akan disediakan sutle bus gratis dari Damri. Baik dari keberangkatan Cilacap, Purwokerto, Kebumen, Magelang maupun dari Maguwo. Sedangkan akses kereta api dilayani dari Maguwo dan Stasiun Tugu dengan kereta khusus bandara.

Upaya menyiapkan sutlebus ini dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi calon penumpang. Begitu juga dengan maskapai agar lebih mudah dalam melakukan promosi rute penerbangan. Namun jauh yang lebih penting adalah untuk mengedukasi masyarakat untuk terbiasa menggunakan sarana transportasi massal.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini