Tol Trans Jawa Satu Arah hingga Brebes saat Mudik Lebaran

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 07 Mei 2019 18:09 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 07 320 2052701 tol-trans-jawa-satu-arah-hingga-brebes-saat-mudik-lebaran-2basA7KrAr.jpg foto: Okezone

JAKARTA - Pemerintah berencana memberlakukan sistem satu arah alias one way pada jalan Tol Trans Jawa saat musim mudik Lebaran. Pemberlakuan sistem satu arah akan dilakukan dari Jakarta hingga Kilometer 262 di Brebes.

Kepala Sub Bidang Operasional dan Pemeliharaan II Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Joko Santoso mengatakan, nantinya jalan Tol Trans Jawa akan dibuka satu arah menuju Jawa hingga Brebes.

“Akan diberlakukan one way sistem jadi mudik seluruhnya akan diarahkan ke jawa dari Km 29 sampai ke Km 262,” ujarnya dalam sebuah diskusi di Hotel Ibis Cawang, Jakarta, Selasa (7/4/2019).

Baca Juga: Mudik Lebaran, Sistem Satu Arah di Tol Direncanakan 3 Hari

Pemberlakuan satu jalur sendiri akan dilakukan selama tiga hari. Pemberlakuan dimulai dari tanggal 31 Mei hingga 2 Juni 2019.

“Sehingga dengan usulan kemari oneway 31 Mei, 1 Juni sama 2 Juni. Jadi tiga hari dilakukan one way ke arah Jawa,” jelasnya.

Adapun berapa lama waktu penetapan sistem ini dalam seharinnya masih dirapatkan. Namun diwacanakan selama 24 jam kebijakan satu arah ini akan diberlakukan.

Baca Juga: Lebaran, Pemerintah Berlakukan Satu Arah di Tol Cikarang Utara hingga Brebes

“Waktunya 24 jam dari keputusan rapat kemarin. Saat ini di rencanakan masih 24 jam tapi kita masih tunggu pak Menhub,” ucapnya.

Jika nantinya disetujui, seluruh kendaran yang menuju ke arah Jawa hingga Brebes akan berlaku satu arah. Sedangkan arah sebaliknya di proyeksikan untuk melewati jalan arteri.

“Ini karena tahun lalu waktu jalan tol difungsikan secara fungsional hanya diarahkan ke arah Jawa. Sementara sebaliknya enggak sehingga kapasitas jalannya memadai,” jelasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini