nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Jokowi Cari Skema Khusus untuk Danai Pemindahan Ibu Kota

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Selasa 07 Mei 2019 10:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 07 470 2052422 presiden-jokowi-cari-skema-khusus-untuk-danai-pemindahan-ibu-kota-yvwO7BAbYA.jpg Presiden Jokowi (Foto: Antara)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan 3 (tiga) alternatif daerah untuk pemindahan ibu kota. Ada yang 80.000 hektare, 120.000 hektare dan ada juga yang 300.000 hektare yang telah disediakan meskipun belum diputuskan yang mana yang ingin dipakai.

“Seperti yang kita ketahui, di Jakarta ini ada 66.000 hektare, sehingga apa yang sudah tersedia ini saya kira lebih dari cukup kalau hanya untuk dipakai ibu kota pemerintahan. Artinya, ini tinggal memutuskan,” tegas Presiden dilansir dari laman Setkab, Selasa (7/5/2019).

Baca Juga: Presiden Jokowi: Pemerintah Serius Pindahkan Ibu Kota

Sedang yang menyangkut biaya atau anggaran, menurut Presiden, Menteri Keuangan sudah menyampaikan, karena hitungan dari Menteri PUPR, kalau angka seperti itu tidak ada masalah asal tidak dikerjakan satu tahun. Artinya, juga anggaran kita siap untuk menjalankan keputusan ini.

infografis

Namun Presiden mengaku telah menyampaikan kepada Menteri Keuangan, agar masalah anggaran ini tidak membebani APBN. “Akan kita cari sebuah scheme khusus sehingga nantinya ibu kota jadi tetapi APBN tidak terbebani,” ucap Presiden Jokowi.

Jokowi

Jokowi juga menegaskan, pemerintah serius dalam masalah pemindahan ibu kota negara Republik Indonesia (RI). Masalah ini, menurut Presiden, telah dibahas di internal pemerintah sejak 3 (tiga) tahun yang lalu.

“Kemudian 1,5 tahun yang lalu, kami minta Bappenas untuk melakukan kajian-kajian yang lebih detail baik dari sisi ekonomi, sisi sosial politik, dan juga dari sisi lingkungan,” kata Presiden.

(kmj)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini