nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Syarat agar Ekonomi Indonesia Terbesar Nomor 5 di Dunia

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Kamis 09 Mei 2019 12:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 09 20 2053485 4-syarat-agar-ekonomi-indonesia-terbesar-nomor-5-di-dunia-m6RboFNhrT.jpeg Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. Foto: Yohana/Okezone

JAKARTA - Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyatakan, pada tahun 2045 Indonesia bisa menjadi negara maju dengan ekonomi terbesar kelima di dunia. Bahkan Produk Domestik Bruto (PDB) di tahun 2045 akan sebesar USD7,3 triliun.

Bambang menyatakan, maka pada tahun yang juga tepat sebagai 100 tahun kemerdekaan, Indonesia juga sudah dimiliki sumber daya manusia yang unggul, yakni berbudaya dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,

"Dengan ekonomi yang juga merata dan inklusif. serta menjadi negara demokratis, kuat dan bersih," ujarnya dalam Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Baca Juga: Jokowi Bakal Bubarkan Lembaga yang Tak Berikan Kontribusi

Menurutnya, di tahun 2045 tingkat Produk Domestik Bruto (PBD) Indonesia akan sebesar USD7,3 triliun, berada di bawah China, India, dan Jepang. Di mana pendapatan per kapita akan berada di atas USD25.000.

"Dengan demikian, kita bisa keluar dari middle income trap yang selama ini selalu jadi permasalahan terbesar," katanya.

Namun, diakuinya visi di 2045 itu tak bisa otomatis tercapai, perlu upaya keras untuk mendorong perekonomian dalam negeri, sehingga bisa lepas jebakan negara berpendapatan menengah.

Dalam mencapai tujuan tersebut, maka terdapat empat pilar pembangunan yang didorong oleh pemerintah. Pertama pembangunan manusia serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, kedua pembangunan ekonomi berkelanjutan.

bambang brodjonegoro

"Ketiga pemerataan pembangunan, dan keempat ketahanan nasional dan tata kelola pemerintahan," ujar dia.

Menurutnya, visi menjadi ekonomi terbesar kelima merupakan bagian dari impian Indonesia 2015-2085 yang digagas oleh Presiden Joko Widodo. Di mana impian itu untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara yang bersatu berdaulat adil dan makmur.

"Sehingga impian itu diterjemahkan dalam visi 2045 yang disusun oleh Kementerian PPN/Bappenas dalam menyongsong 100 tahun kemerdekaan Indonesia," jelasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini