nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Bakal Bubarkan Lembaga yang Tak Berikan Kontribusi

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 09 Mei 2019 11:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 09 320 2053448 jokowi-bakal-bubarkan-lembaga-yang-tak-berikan-kontribusi-FSnyZ3eVR4.jpg Presiden Jokowi (Foto: Antara)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyebut salah satu syarat agar Indonesia menjadi negara nomor empat terbesar di dunia adalah reformasi struktural birokrasi. Artinya menurut Jokowi, kelembagaan harus disederhanakan.

Oleh karena itu menurut Jokowi, lembaga yang tidak produktif perlu dibubarkan. Artinya, lembaga tersebut harus bisa dituntut untuk memberikan kontirbusi kepada negara.

"Ini akan kita mulai lembaga yang tidak memberikan kontribusi mau saya tutup, hapus," ujarnya dalam acara Musrenbangnas 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (9/5/2019).

 Baca Juga: Tol Sudah Dibangun, Jokowi ke Pemda: Sambungkan Jalan ke Industri

Menurut Jokowi, lembaga-lembaga yang tidak produktif ini jika terus dipertahankan hanya akan membebani negara. Karena setiap tahunnya, lembaga ini mendapatkan anggaran namun tidak jelas hasilnya.

"Banyak-banyakin biaya, banyak-banyakin anggaran, daerah juga gitu," ucapnya.

Menurut Jokowi, semakin ramping organisasi maka akan semakin fleksibel pemerintah menyusun regulasi. Sehingga tidak ada lagi izin-izin yang banyak sekali untuk menarik investor ke Indonesia.

 Baca Juga: Pakai APBN, Pemerintah Tambah Investasi di Lembaga Keuangan Internasional

Jika diibaratkan, reformasi struktural birokrasi ini seperti sebuah badan. Jika memiliki badan yang ramping dan sehat maka bisa berlari sangat kencang, namun sebaliknya jika terllu gemuk, maka larinya akan lebih lambat.

"Semakin simple organisasi kita semakin sederhana organsiasi kita semakim fleksibel memutuskan kebijakan," ucapnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini