nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tol Sudah Dibangun, Jokowi ke Pemda: Sambungkan Jalan ke Industri

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 09 Mei 2019 11:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 09 320 2053446 tol-sudah-dibangun-jokowi-ke-pemda-sambungkan-jalan-ke-industri-Xkm84oqH3p.jpg Foto: Yohana Okezone

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengimbau kepada pemerintah daerah untuk ikut serta dalam pembangunan infrastruktur. Khususnya pembangunan infrastruktur yang menghubungkan ke pusat-pusat ekonomi daerahnya.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur ini sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara. Jika ekonomi daerah dan negara terus tumbuh bukan tidak mungkin Indonesia akan menjadi negara dengan ekonomi terbesar nomer empat dunia pada 2045.

"Infrastruktur harus bisa kita selesaiakan. Tanpa ini jangan berfikir kita bisa masuk menjadi negara kelima atau keempat ekonomi terbesar dunia. Oleh sebab itu, saya minta kepada pemerintah daerah setelah selesai infrastruktur utamanya untuk segera mengkoneksikan dengan titik produksi di daerah masing-masing," ujarnya dalam acara Musrembangnas, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (9/5/2019).

 Baca Juga: Jurus Jokowi Jadikan Ekonomi RI Terkuat Keempat di Dunia pada 2045

Sebagai salah satu contohnya adalah, ketika pemerintah membangun tol Trans Jawa maka pemerintah daerah harus bisa membangun jalan penghubung menuju daerah industrinya, sehingga, ekonomi daerah bisa tumbuh karena para pelaku usaha dimudahkan dalam hal pengiriman barang hasil produksinya.

"Kalau jalan gede sudah, jalan kecilnya disambungkan secepatnya karena tanpa itu tidak akan daerah menikmati pertumbuhan ekonomi," kata Jokowi.

Penyambungan infrastruktur pendukung ini juga harus bisa menjangkau seluruh sektor. Seperti misalnya sektor industri, pariwisata, hingga sentra industri kecil seperti Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Sambungkan dengan kawasan industri, wisata, sentra indsutri kecil, pusat produksi baik pertanian maupun perkebunan," kata Jokowi.

 Baca Juga: Pakai APBN, Pemerintah Tambah Investasi di Lembaga Keuangan Internasional

Jika seluruh infrastruktur penunjang ini sudah tersambung semua, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini meyakini Indonesia bisa menjadi negara dengan ekonomi terbesar keempat dunia. Karena salah satu masalah yang menghadang Indonesia menjadi negara maju adalah infrastruktur yang masih tertinggal.

"Kalau ini tidak bisa dikerjakan jangan kita bermimpi kita masuk empat besar dan lima besar ekonomi terkuat di dunia," ucapnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini