nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri Bambang: Pemerintah Fokus Pada Pembangunan SDM

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Kamis 09 Mei 2019 11:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 09 320 2053442 menteri-bambang-pemerintah-fokus-pada-pembangunan-sdm-IGwGYXrQRP.jpeg Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. Foto: Yohana/Okezone

JAKARTA - Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyatakan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, pemerintah fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM). Setelah sebelummnya fokus pada pembangunan infrastruktur.

"Sehingga dalam RKP (rencana kerja pemerintah) tahun 2020, sebagai tahun pertama dari pelaksanaan RPJMN 2020-2024, mengambil tema kerja pemerintah yakni peningkatan sumber daya manusia untuk pertumbuhan berkualitas," ujarnya Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Baca Juga: Jurus Jokowi Jadikan Ekonomi RI Terkuat Keempat di Dunia pada 2045

Dia menyatakan, untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pertumbuhan ekonomi, maka terdapat lima prioritas dalam RKP 2020. Kelimanya yakni pembangunan manusia dan pengentasan kemsikinan, infrastruktur dan pemerataan wilayah, nilai tambah sektor riil, industrialisasi dan peningkatan kesempatan kerja, ketahanan air dan lingkungan hidup, serta stabilitas pertahanan dan keamanan negara.

Bambang menjelaskan, pembangunan infrastruktur tetap akan dilakukan sebab itu merupakan salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi, namun kuncinya berada pada peningkatan kualitas sumber daya manusia.

"Ini sesuai arahan Bapak Presiden (Joko Widodo) yakni kuncinya sumber daya manusia yang berkulitas dan berdaya saing, terdidik, terampil, sehat dan produktif, selain itu juga yang berinovasi dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Ini menjadi salah satu strategi dalam setiap program prioritas," jelas dia.

bambang brodjonegoro

Dia menjelaskan, dalam agenda RPJMN 2020-2024, fokus pemerintah pada peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing, membangun karakter bangsa, memperkuat ketahanan ekonomi dan pertumbuhan berkualitas, mengembangkan wilayah untuk kurangi kesenjangan dan meningkatkan pemerataan, memperkuat infrastruktur, mendukung pembangunan ekonomi dan barang dasar.

"Serta memperkuat stabilitas polhukam, dan transformasi layanan publik, serta bangun lingkungan hidup, meningkatkan ketahanan bencana dan iklim dengan mengarus utamakan upaya pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs," katanya.

Dengan perbaikan kualitas sumber daya manusia, maka pertumbuhan ekonomi Indonesia akan meningkat menjadi rata-rata 5,4%-6% per tahun pada 2020-2024. "Tingkat kemiskinan, pengangguran dan ketimpangan juga akan terus membaik dan kesejahteraan terus meningkat," ucapnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini