nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aksi Pemindahan Ibu Kota Disebut Buah Keberanian Jokowi

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 13 Mei 2019 13:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 13 470 2055019 aksi-pemindahan-ibu-kota-disebut-buah-keberanian-jokowi-Q25TfxWusy.jpg Foto: Giri Hartomo

JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) menyambut positif apa yang tengah direncanakan oleh pemerintah untuk memindahkan ibu kota negara.

Anggota DPR Komisi XI Muhammad Misbakhun mengatakan, pemindahan ibu kota ini merupakan keberanian yang luar biasa dari pemerintahan saat ini. Apalagi pada masa pemerintahan sebelum-sebelumnya, wacana pemindahan ibu kota tidak bisa direalisasikan hingga saat ini.

"Kami di DPR memandang ini sebuah keberanian yang luar biasa yang dimiliki oleh Pak Jokowi," ujarnya dalam sebuah diskusi di Kantor Staff Presiden, Jakarta (13/5/2019).

 Baca Juga: Bakal Ada 1 Juta PNS Pindah ke Ibu Kota Baru

Menurut Misbakhun, pemindahan ibu kota ini sangata penting sebagai pemerataan ekonomi. Selama ini perekonomian negara hanya tumbuh di daerah Jawa saja, sedangkan diluar Jawa pertumbuhan ekonomi masih sangat rendah sekali.

Selain itu, juga pemindahan ibu kota ini juga untuk mengurangi beban Jakarta. Selama ini, Jakarta sendiri memegang tanggung jawab sebagai ibu kota negara dan juga pusat bisnis.

"Bagaimana pembangunan dari sisi kesenjangan memperkuat kalimantan yang punya potensi bisa terangkat ekonominya kalau ibu kota pindah ke Kalimantan," katanya.

Menurut Msibakhun, DPR juga akan membantu proses pembuatan policy jika diperlukan Undang-Undang baru mengenai pemindahan ibu kota baru ini. Sebab menurutnya dengan pemindahan ibu kota ini, otomatis harus ada aturan baru mengingat Indonesia sendiri baru pertama kali melakukan pemindahan ibu kota pasca merdeka.

"Dan ide ini akan jadi kesalahan bagi DPR jika tidak bisa ditangkap dan distimuluasi," ucapnya.

 Baca Juga: Ibu Kota Baru RI Disarankan Cukup Kota Administratif, Tak Ada Pilkada dan Hanya PNS

Misbakhun juga meyakini jika masyrakat uga akan mendukung pemerintah mengenia pemindahan ibu kota ini. Asalkan proses pemindahan ibu kota dilakukan dengan terbuka dan kredibel tanpa adanya intrik-intrik di dalamnya.

"Sepanjang tidak ada permainan yakin rakyat mendukung. Saya yakin DPR dapat kesepakatan politik di antara partai pendukung pemerintah kuat dan bulat ssaya yakin UU pemindahan Ibu Kota, bagaimana aset yang ditinggalkan, bagaiamna pembangunannya," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini