nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jika Syarat Ini Terpenuhi, Pembangunan Ibu Kota Baru Dimulai 2020

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 13 Mei 2019 14:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 13 470 2055054 jika-syarat-ini-terpenuhi-pembangunan-ibu-kota-baru-dimulai-2020-4BXPP83poQ.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Lokasi ibu kota baru akan diumumkan pada tahun ini. Saat ini pemerintah masih merahasiakan lokasi ibu kota baru demi menghindari melonjaknnya harga tanah yang akan dijadikan ibu kota baru ini.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro mengatakan, pemindahan ibu kota sendiri nantinya akan mulai dipindahkan pembangunannya pada 2020. Hal tersebut hanya bisa dilakukan jika memang proses penetapan lokasi dan juga aturannnya bisa rampung pada 2019.

"Kajian ini akan kita finalkan tahun ini sehingga keputusan lokasi juga kita harapkan bisa dilakukan tahun ini. Sehingga 2020 bisa dilakukan paling tidak persiapan untuk pembangunannya maupun pembangunan infrastruktur dasar itu sendiri," ujarnya dalam sebuah diskusi di Kantor Staff Presiden, Jakarta, Senin (13/5/2019).

 Baca Juga: Maksimal Dihuni 1,5 Juta Orang, Lokasi Ibu Kota Baru Ditetapkan Tahun Ini

Nantinya lanjut Bambang, pembangunan yang akan dilakukan pada 2020 meliputi pembangunan infrastruktur dasar. Seperti pembangunan jalan-jalan dan juga penyiapan tanah menuju ibu kota baru ini.

"Kalau 2020 kita sudah mulai paling tidak menyiapkan tanah memastikan status tanah itu sendiri mulai menyiapkan infrastruktur dasarnya," katanya.

Menurut Bambang, untuk saat ini pemerintah tengah memikirkan lokasi mana yang tepat menjadi ibu kota baru nantinya. Sekaligus juga tengah berkonsultasi dengan Dewan perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) mengenai dasar hukum yang mengaturnya.

Di sisi lain lanjut Bambang, pemerintah juga tengah menyiapkan siapa yang akan menjadi ujung tombak pemindahan ibu kota. Sebab menurutnya, harus ada badan khusus yang memiliki kewenangan kuat tapi juga fleksibel agar mempermudah kerjannya.

"Ada satu hal lagi secara administratif siapa yang memegang. Usulan kami ada semacam Badan Otoritas nanti akan dibahas bentuk apa yang terbaik artinya secara legal kuat tapi juga lincah. Jadi harus ada menjaga keseimbangan kekuatan hukum dan fleksibilitas beroperasi," katanya.

 Baca Juga: Persiapan Pembangunan Ibu Kota Baru Dimulai 2020

Pada saat yang sama pemerintah juga tengah menyelesaikan persoalan tata ruang pada ibu kota baru. Karena memang saat ini, ibu kota baru ini belum bersifat sebagai kota besar melainkan masih daerah kecil.

"Pada saat yang sama kita harus menyelesaikan tata ruang. Ini harus diubah menjadi wilayah perkotaan tadi. Kemudian saat ini pun ita sudah mempunyai desain yang menurut saya cukup bagus memang sedang diperbaiki kita punya masterplan," kata Bambang.

(dni)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini