nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Akan Pimpin Langsung Pencarian Lokasi Ibu Kota Baru

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 13 Mei 2019 20:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 13 470 2055221 jokowi-akan-pimpin-langsung-pencarian-lokasi-ibu-kota-baru-5586VmBXrw.jpg Presiden Joko Widodo (Foto: Biro Setpres)

JAKARTA - Deputi IV Kepala Staff Kepresidenan (KSP) EKo Sulistyo menyebutkan, pemindahan Ibu Kota akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Utamanya adalah dalam hal penetapan lokasi sebagai Ibu Kota baru.

Menurut Eko, Jokowi nantinya akan meninjau langsung lokasi yang akan dijadikan sebagai Ibu Kota. Sebelumnya Jokowi juga sudah meninjau lokasi di dua daerah yang ada di Kalimantan.

"Presiden akan memimpin langsung navigasi ini. Jadi kunjungan ke dua daerah tadi mencerminkan bahwa Presiden memimpin langsung proses pemindahan ini," ujarnya di Jakarta, Senin (13/5/2019).

Baca Juga: Maksimal Dihuni 1,5 Juta Orang, Lokasi Ibu Kota Baru Ditetapkan Tahun Ini

Selain meninjau langsung lokasi yang akan dijadikan sebagai Ibu Kota baru, Jokowi juga melakukan komunikasi politik. Hal itu ditunjukkan dengan mengundang buka bersama untuk meminta pendapat tentang Ibu Kota baru ini.

"Itu juga dibuktikan Presiden melakukan komunikasi politik dengan anggota dewan saat buka puasa. Artinya sudah dimulai proses komunikasi politik yang terbuka," jelasnya. 

Baca Juga: Jika Syarat Ini Terpenuhi, Pembangunan Ibu Kota Baru Dimulai 2020

Pemerintah sendiri mengaku optimis pemindahan Ibu Kota bisa terelisasi, sebab saat ini situasinya cukup mendukung. "Tentu dengan aspek politis ini akan optimis berjalan," jelasnya

Menurut Eko, pemindahan Ibu Kota sudah tepat jika dilakukan saat ini. Karena secara politik pun sudah mendukung, mengingat partai politik di parlemen mayoritas merupakan koalisi pemerintah.

"Momentum ini tepat selain dasar kajian sudah siap dari Bappenas, kemudian perhitungan politik juga, menurut saya, meskipun masih sementara perhitungannya politik menjadi penting," jelasnya. (yau)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini