nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harga Minyak Naik Pasca-Pompa Minyak Arab Saudi Diserang Drone Peledak

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Rabu 15 Mei 2019 08:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 15 320 2055824 harga-minyak-naik-pasca-pompa-minyak-arab-saudi-diserang-drone-peledak-owFR44Lqiu.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Harga minyak dunia naik pada perdagangan Selasa waktu setempat pasca-dua stasiun pipa saluran minyak milik Arab Saudi menjadi sasaran serangan drone.

Minyak West Texas Intermediate untuk pengiriman Juni naik USD0,74 menjadi USD61,78 per barel di New York Mercantile Exchange, sementara minyak mentah Brent untuk pengiriman Juli naik USD1,01 menjadi ditutup pada USD71,24 per barel di London ICE Futures Exchange. Demikian seperti dilansir Xinhua, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Menteri Energi Saudi Khalid Al-Falih mengkonfirmasi dalam sebuah pernyataan bahwa dua stasiun pompa minyak dari pipa utama telah dihantam oleh drone yang sarat dengan bahan peledak, yang menyebabkan kebakaran di stasiun Nomor 8 dengan kerusakan terbatas.

 Baca Juga: Harga Minyak Jatuh Pasca-Serangan Kapal Tanker Arab Saudi

Al-Falih mengutuk serangan itu sebagai "aksi terorisme" yang menargetkan pasokan minyak global dan bertujuan untuk mengacaukan pasokan energi internasional.

Pipa Timur-Barat sepanjang 1.200 kilometer (km) membawa minyak mentah dari ladang minyak utama Arab Saudi ke kota pelabuhan Laut Merah Yanbu di barat.

 Baca Juga: Harga Minyak Bervariasi Imbas Tensi Perang Dagang AS-China

"Saudi Aramco mengambil tindakan pencegahan dan menghentikan sementara operasi pipa, karena sedang mengevaluasi situasi dan bekerja untuk memulihkan operasi stasiun pompa dan pipa yang terkena dampak," kata Al-Falih.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini