nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bos BI Blak-blakan Kenapa Ekonomi RI Hanya Tumbuh 5,07%

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 16 Mei 2019 15:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 16 20 2056507 bos-bi-blak-blakan-kenapa-ekonomi-ri-hanya-tumbuh-5-07-1YMpveMfbQ.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih rendah dari perkiraan dipengaruhi ekonomi global yang menurun.

Ekonomi Indonesia pada triwulan I 2019 tumbuh 5,07% (yoy), lebih rendah dari triwulan sebelumnya sebesar 5,18% (yoy), meskipun meningkat dari 5,06% pada triwulan I 2018.

"Menurunnya pertumbuhan ekonomi global dan harga komoditas yang lebih rendah telah berdampak pada menurunnya pertumbuhan ekspor Indonesia, yang kemudian berpengaruh pada konsumsi rumah tangga dan investasi nonbangunan yang melambat," kata Gubernur BI Perry Warjiyo di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

 Baca Juga: BI Bicara soal Perang Dagang: Modal Asing Mulai Pulang Kampung

Perry menambahkan, pengaruh belanja terkait kegiatan Pemilu 2019 terhadap konsumsi lebih rendah dari prakiraan. Secara spasial, perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional terutama dipengaruhi oleh menurunnya pertumbuhan di Jawa, Kalimantan, dan Papua, sedangkan kawasan lain meningkat.

"Ke depan, upaya untuk mendorong permintaan domestik dari sisi investasi khususnya swasta perlu ditingkatkan untuk memitigasi dampak negatif dari belum pulihnya kinerja ekspor akibat perlambatan ekonomi dunia," katanya.

 Baca Juga: Apa Alasan BI Tahan Suku Bunga Acuan 6%?

Secara keseluruhan, Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia 2019 berada di bawah titik tengah kisaran 5,0%-5,4%. "Bank Indonesia akan menempuh bauran kebijakan dengan Pemerintah, dan otoritas terkait guna menjaga momentum pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

(dni)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini