nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gerbang Tol Cikampek Utama dan Kalihurip Utama Beroperasi Pekan Depan

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 16 Mei 2019 18:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 16 320 2056624 gerbang-tol-cikampek-utama-dan-kalihurip-utama-beroperasi-pekan-depan-5HjwGcUBe3.jpg Ilustrasi Gerbang Tol (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan proses pembongkaran Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama (Cikarut) rampung pada Minggu (19/5/2019) mendatang. Pada hari Minggu itu pula, terdapat 2 gerbang tol (GT) pengganti Cikarut yakni GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, dua GT baru ini sendiri nantinya bisa mulai dioperasikan pada 23 Mei 2019 mendatang. Pada saat itu pula, nantinya Jasa Marga akan melakukan ujicoba one way untuk persiapan mudik Lebaran.

"Dioperasikan mulai 23 Mei 2019 pukul 00.00 WIB," ujarnya dalam konferensi pers di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Baca Juga: Gerbang Tol Cikarang Utama Dibongkar, Berapa Tarif Jakarta-Cikampek?

Nantinya, lanjut Danang, GT Cikampek Utama akan terdapat 15 pintu masuk dan 15 pintu keluar. Sementara di GT Kalihurip Utama akan terdapat 15 pintu masuk dan 17 pintu keluar.

Dia pun menjelaskan, sebanyak 2 GT itu yakni GT Cikampek Utama dan. Kedua GT itu dibangun di ruas Tol Cikopo-Palimanan Km 70 dan Tol Cipularang Km 67.

Adapun Surat Keputusan Menteri PUPR terkait pemindahan GT Cikarang Utama ke GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama sudah terbit pada Rabu (15/5/2019) kemarin. Tujuannya adalah untuk mengurangi beban dari jalan tol ini.

"Tujuannya ada pemindahan ini kan bertujuan untuk menghindari beban GT Cikarang Utama yang sudah sangat padat dan sering menimbulkan kemacetan parah," kata Danang.

Baca Juga: Tarif Tol Tetap Sama meski GT Cikarang Utama Dibongkar

Nantinya lanjut Danang, dirinya akan melakika sosialsi kepada masyarakat selama seminggu. Sehingga pada 23 Mei 2019 nanti bisa dilalui oleh pengendara.

"Kami terus melakukan sosialisasi terkait pemindahan ini. Sosialisasinya ini kan sebenarnya sudah kami lakukan sejak lama," ucapnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini