nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bocoran Desain Ibu Kota Baru, Ada Istana Negara hingga Rumah PNS

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 16 Mei 2019 12:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 16 470 2056428 bocoran-desain-ibu-kota-baru-ada-istana-negara-hingga-rumah-pns-dFOK3sEqqU.JPG Foto: Istana Negara (Okezone)

JAKARTA - Pemerintah terus menggodok dengan matang mengenai pemindahan ibu kota dari Jakarta menuju daerah lainnya yang masih jarang penduduknya. Mengingat pemerintah sendiri menargetkan pembangunan ibu kota baru ini bisa dimulai pada tahun 2020.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, berdasarkan desainnya, nantinya pembangunan di atas 40.000 hektare (ha). Tanah tersebut nantinya akan dibangun pusat pemerintahan dan juga pusat komersial di sana.

 Baca Juga: Menteri Bambang Kumpulkan Ahli hingga Pengusaha Properti Bahas Ibu Kota Baru

Khusus untuk pusat pemerintahan akan dibangun ditanah seluas 2.000 hektare (ha). Tanah seluas itu akan dibangun gedung pemerintahan baik dari eksekutif, yudikatif dan legislatif.

"Kalau kita lihat rancangan zonasi yang pasti ini akan menjadi pusat pemerintahan perkiraan kami butuh 2.000 ha. Ini untuk Istana, kantor lembaga negara, DPR, MA, MK. Kantor Kementerian dan non Kementerian jadi TNI dan Polri pindah kesana," ujarnya dalam sebuah diskusi di Kantor Bappenas, Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Sementara itu sisanya, ibu kota baru itu juga nantinya akan digunakan untuk membangun pusat kegiatan dari ibu kota baru tersebut. Misalnya ada pembangunan perumahan yang dikhususkan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun masyarakat umum.

"Di wilayah lebih luasnya, karena kita itu targetnya membutuhkan 40.000 ha. Di sana ada rumah," ucapnya.

 Baca Juga: Ketimpangan Bisa Melebar di Ibu Kota Baru, Kok Bisa?

Selain rumah, pemerintah juga akan membangun fasilitas penunjang lainnya. Seperti fasilitas kesehatan, hingga pendidikan yang memiliki kualitas sangat baik.

"Jadi di sana ada rumah, fasilitas pendidikan, kesehatan, ktia akan bangun Universitas. Bukan hanya universitas tapi universitas yang menatap masa depan. Kemudian ada convention center ada fasilitas olahraga, dan museum," katanya.

Pemerintah juga nantinya akan membangun sebuah museum. Museum yang akan dibangun sendiri nantinya tidak hanya untuk menyimmpang barang-barang tak terpakai juga. Akan tetapi ada sebuah nilai dari museum itu sendiri.

"Sudah saatnya juga didekat ibu kota itu ada museum jadi bukan hanya menyimpan barang yang tidak dipakai lagi," kata Bambang.

Mantan Menteri Keuangan itu menambahkan, yang membuat pembangunan ibu kota baru ini lebih menarik adalah akan dibangunnya taman konservasi nasional. Nantinya, taman konservasi ini diperuntukan untuk Orang utan, yang memang Kalimantan sendiri merupakan habitat dari orang utan.

"Perluasannya ada national park, karena ini wilayahnya Kalimantan ada konservasi orangutan. perumahan ASN. Pelabuhan dan bandara jika dibutuhkan," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini