Diskon Tarif Tol 10% saat Mudik, Astra: Kami Ikuti

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 17 Mei 2019 21:11 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 17 320 2057175 diskon-tarif-tol-10-saat-mudik-astra-kami-ikuti-GAg83V2ern.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) mengusulkan diskon tarif tol untuk mudik lebaran 2019 sebesar 10%. Diskon tarif sendiri nantinya akan berlaku secara serentak diseluruh jalan tol yang sudah operasional.

Group CEO ASTRA Infra Djap Tet Fa mengatakan, pihaknya akan mengikuti hasil rembuk antara Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Jika nantinya diputuskan 10%, pihaknya juga akan menerapkan diskon tarif pada jalan tol yang dikelola.

"Ini adalah sebuah konektivitas jadi masih dibahas kita menyerahkan pada asosiasi. Sedang membahas bersama," ujarnya saat ditemui di Hotel Pullman, Jakarta, Jumat (17/5/2019).

Menurut Djap, saat ini masih belum ada keputusan final mengenai diskon tarif tol, sebab para BUJT yang berada dalam naungan Asosiasi Pengusaha Jalan Tol Indonesia (ATI) masih melakukan rembukan.

"Saat ini masih dibahas ya antara asosiasi tol Indonesia dan dari pemerintah. Dalam waktu dekat kementerian akan memutuskan, ditunggu saja," jelasnya.

Baca Juga: Tarif Tol Trans Jawa Tak Jadi Turun?

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) memastikan pada mudik Lebaran tahun ini akan kembali memberikan diskon pada tarif tolnya. Nantinya, diskon tarif tol tak hanya berlaku pada ruas tol milik Jasa Marga saja tapi juga seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lainnya.

Meskipun mengusulkan agar tarif tol bisa di diskon rata-rata sebesar 10%, Jasa Marga mengakui penetapan diskon harus melalui persetujuan dari BUJT lainnya. Oleh karena itu, kepastian diskon tarif tol ini akan dibahas dalam rapat koordinasi yang akan dilakukan seluruh BUJT yang tergabung dalam ATI.

Sebagai salah satu contohnya saja untuk jalan Tol Trans Jawa sendiri ada beberapa BUJT yang ada didalamnya. Misalnya ada PT Jasa Marga (Persero) lalu ada PT Astra Toll Road sebagai BUJT yang memegang hak kelola jalan tol Cikampek - Palimanan (Cipali) dan juga Surabaya - Jombang.

Kemudian ada juga PT Waskita Toll Road ada jalan Tol Pejagan - Pemalang, kemudian Pemalang - Batang dan Batang Semarang. Lalu ada juga PT PP (Persero) yang memiliki beberapa saham di jalan tol Trans Jawa seperti tol Pandaan Malang.

Baca Juga: Perpanjangan Diskon Tarif Tol Trans Jawa Tunggu Laporan Jasa Marga

Menurut Subakti, jika sudah mencapai kesepakatan, nantinya para BUJT akan mengumumkannya secara serentak. Dirinya memastikan jika pengumuman diskon tarif tol akan dilakukan sebelum puncak arus mudik lebaran

"Biasanya kan sebelum puncak (diumumkan). Satu dua hari lagi lah ya, biar Ibu Dirut Jasa Marga yang umumkan," jelasnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini