nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Unilever Tebar Dividen Rp9 Triliun

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 22 Mei 2019 10:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 22 278 2058777 unilever-tebar-dividen-rp9-triliun-66TDkI3Zx2.jpg Ilustrasi: Shutterstock

TANGERANG SELATAN – Perusahaan yang bergerak di bidang konsumer PT Unilever Indonesia Tbk membagikan dividen sebesar Rp9 triliun untuk tahun buku 2018. Keputusan tersebut disepakati dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang berlangsung di BSD City, Tangerang Selatan, Banten, kemarin.

Dari jumlah dividen tersebut, para pemegang saham akan mendapat dividen Rp1.185 per saham. Dividen final untuk 2018 akan dibagikan kepada pemegang saham selambatnya 18 Juni 2019. “Unilever telah tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia selama lebih dari 85 tahun. Dalam situasi yang terus berubah secara cepat serta persaingan tinggi, kami percaya bahwa perseroan akan tetap bisa bertumbuh secara positif,” ujar Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Tbk Hemant Bakshi di sela-sela RUPST di Tangerang Selatan, Banten, kemarin.

Baca Juga: Unilever Kantongi Laba Bersih Rp9,1 Triliun

Nilai dividen Unilever yang dibagikan kepada pemegang saham tersebut nyaris semua dari total laba bersih perseroan pada 2018 yang mencapai Rp9,1 triliun, naik 30% dibanding laba bersih 2017 sebesar Rp7 triliun. Laba perseroan pada 2018 ditopang jumlah penjualan bersih yang mencapai Rp41,8 triliun. Penjualan tersebut tumbuh 2,4% dibanding tahun sebelumnya tanpa memperhitungkan kategori spread yang telah didivestasi pada kuartal III/2018. Pada kesempatan tersebut, Unilever menyatakan siap menghadapi tantangan masa depan. Perseroan senantiasa melakukan transformasi pada setiap lini bisnisnya.

Transformasi diperlukan agar bisa memberikan produk dan layanan yang relevan dengan keinginan konsumen dan pelanggan dan mampu beradaptasi terhadap perubahan. Sepanjang tahun lalu, Unilever meluncurkan 70 inovasi baru berupa brand baru, dan produk dalam format yang baru untuk memperkaya portofolio perseroan. Tiga brand baru yang diluncurkan adalah Saus Sambal Jawara, Sabun Korea Glow, dan Es Krim Seru!. Sementara untuk tahun ini, perseroan juga telah meluncurkan lebih dari 27 inovasi, di antaranya meluncurkan brand baru Nameera Aquatic Botanical dan melakukan transformasi pada produk Pondís dengan meluncurkan Pondís Mineral Clay Mask, Pond’s Gliter Glow, dan Pond’s Glow Up Cream.

Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Terdepresiasi 50 Poin 

Pada 2018, Unilever juga terus memperluas kanal distribusi melalui kemitraan dengan beberapa pihak. Selain itu, perseroan juga memanfaatkan peluang luar biasa dalam e-commerce dengan melakukan kerja sama dengan semua perusahaan e-commerce di Indonesia. “Saat ini kami memiliki official stores di 15 kanal e-commerce. Perlahan digital ini terus kami tingkatkan,” kata Direktur Unilever Enny Hartati. Enny menambahkan, terkait produk baru berupa Es Krim Seru!, sengaja diluncurkan untuk menyasar pangsa pasar low income yang dinilai memiliki potensi sangat besar di struktur pasar Indonesia.

“Es krim ini diperuntukkan bagi konsumen yang tidak bisa menjangkau merek es krim kami yang lain, seperti Walls,” ujar Enny. Untuk merebut pasar pencinta es krim kelas bawah, Uni - lever memiliki strategi khusus yakni dengan mendistribusikannya ke warung-warung kecil yang langsung bisa diakses konsumen di perumahan. Direktur Governance & Corporate Affairs dan Sekretaris Perusahaan Unilever San coyo Antarikso menambahkan, penjualan Unilever pada tahun lalu didominasi oleh produk personal care yang berkontribusi 67%, sisanya produk lain, termasuk divisi makanan dan minuman. Dalam RUPST kemarin, perseroan juga mengumumkan perubahan susunan direksi perseroan dan susunan dewan komisaris perseroan.

Perseroan mengangkat Sri Widowati dan Veronika Utami sebagai Direktur Per sero - an, serta mengangkat Deborah Herawati Sadrach sebagai Komisaris Independen Perseroan.

(Yanto Kusdiantono)

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini