nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wamen ESDM Cek Pasokan Listrik di P2B Gandul

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 23 Mei 2019 09:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 23 320 2059349 wamen-esdm-cek-pasokan-listrik-di-p2b-gandul-5WXBLyDBn5.jpg Listrik (Ilustrasi: Okezone)

JAKARTA - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar melakukan monitoring kesiapan pasokan listrik jelang Lebaran di Pusat Pengatur Beban (P2B) Jawa Bali di Gandung, Depok, Jawa Barat.

"Cek kesiapan pasokan listrik, agar masyarakat bisa menikmati Lebaran bersama keluarga dengan nyaman dan terang. Untuk itu kami pastikan kehandalan dan ketersediaan suplai listrik selama Lebaran dalam kondisi cukup," ujarnya, Kamis (23/5/2019).

Baca Juga: Kapal Pembangkit Listrik Angkat Ekonomi Daerah

Berdasarkan pengalaman selama ini, beban puncak saat Idul Fitri pada umumnya lebih rendah dibandingkan dengan beban puncak pada kondisi hari kerja dikarenakan banyaknya industri yang berhenti beroperasi.

"Karena banyaknya industri dan perkantoran yang libur, biasanya memang beban puncak menurun. Namun kami akan tetap pastikan suplai dan kehandalan tetap terjaga," tuturnya.

PT PLN (Persero) memprediksi konsumsi listrik selama masa Lebaran turun hingga 40%. Hal tersebut karena banyak industri hentikan operasi dan panjangnya libur hari raya.

listrik

"Turunnya sekitar 40% dari hari biasa. Jadi kalau misalnya tadi kebutuhan 27 megawatt (mw) itu turun jadi sekitar 15 megawatt saja (mw). Itu karena industri-industri turun drastis kan libur apalagi sekarang libur panjang 10 hari," kata Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PLN Amir Rosidin.

Dengan konsumsi yang turun, katanya, pasokan listrik selama Lebaran tidak perlu dikhawatirkan. PLN juga meneruskan persiapan kebutuhan listrik dari Pemilu sampai Lebaran.

"Karena ini beruntun, Pemilu kita amankan juga dari TPS Kecamatan dan sudah bergeser ke KPUD. Setiap unit melaporkan posisi, mana yang 100%. Nah ini sekarang lanjut lagi, piket untuk Lebaran," ujarnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini