nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terowongan Tol Cisumdawu Dibuka Fungsional saat Mudik Lebaran

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 24 Mei 2019 11:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 24 320 2059819 terowongan-tol-cisumdawu-dibuka-fungsional-saat-mudik-lebaran-8fWVjaJkZM.jpg Foto: Ditjen Bina Marga

JAKARTA - Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) siap difungsionalkan saat arus mudik Lebaran tahun ini. Dari enam seksi yang dikerjakan, Seksi II yang menghubungkan Rancakalong hingga Sumedang bisa dilalui.

"Jadi dari Cileunyi sampai terowongan (fungsional untuk dilalui saat Lebaran," tutur Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Jumat (24/5/2019).

 Baca Juga: Penampakan Tol Cisumdawu yang Mirip Track Mainan Hot Wheels

Menurut Ridwan, tidak ada masalah pada terowongan kembar dengan panjang 472 meter dan diameter 14 meter. Pasalnya, akan ada petugas yang mengarahkan dan berjaga di terowongan tersebut.

"Tidak ada masalah dan diatur petugas terowongan. Terus kita coba terowongannya," ujarnya.

Asal tahu saja, jalan Tol Cisamdawu merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang berada di Jawa Barat. Proyek jalan tol Cisamdawu ini dibangun sepanjang 61,6 kilometer yang dikerjakan BUMN Adhi Karya bersama China Road and Bridge Corporation (CRBC) bertindak sebagai kontraktor.

Tak hanya jalan di atasnya yang unik, jalan tol ini juga memiliki keunikan berupa terowongan kembar yang memiliki panjang 472 meter dan diameter 14meter. Tol Cisumdawu adalah jalan tol pertama yang menggunakan terowongan.

 Baca Juga: Banyak Rumah Warga, Proyek Tol Cisumdawu Terhambat Pembebasan Lahan

Teknologi yang digunakan untuk membuat terowongan adalah metode New Austrian Tunneling Methods (NATM) yang memiliki sistem kerja cut and cover.

Pada proyek Jalan Tol Cisumdawu ini, pembangunan dan pengerjaan terbagi ke dalam enam seksi. Pemerintah pada seksi 1 sampai 2 dan Badan Usaha Jalan Tol pada seksi 3 sampai 6.

Dengan selesainya Tol Cisumdawu nanti, diharapkan dapat mempersingkat waktu tempuh Bandung – Sumedang. Sekaligus membagi beban lalu lintas di Jalan Cadas Pangeran yang selalu padat serta akan terkoneksi dengan Tol Cikampek – Palimanan yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini