nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tiket Pesawat Mahal, Wisatawan Domestik yang Berlibur ke Bali Turun 12%

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 03 Juni 2019 18:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 03 320 2063365 tiket-pesawat-mahal-wisatawan-domestik-yang-berlibur-ke-bali-turun-12-W3oVplrcUn.jpg

JAKARTA - Mahalnya harga tiket pesawat ternyata berdampak kepada penurunan jumlah wisatawan. Salah satu yang mengalami penurunan adalah jumlah wisatawan domestik yang bekunjung ke Bali.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali A A Gede Yuniartha Putra mengatakan, kunjungan wisatawan domestik ke Bali mengalami penurunan 12% sejak Januari sampai saat ini seiring dengan kenaikan harga tiket pesawat. Namun ada beberapa wisatawan juga yang tetap datang ke Bali meskipun harus beralih menggunakan transportasi darat.

"Dampak kenaikan harga tiket domestik ini sangat buruk terhadap pariwisata, hampir di seluruh bandara sekarang sepi. Sejak kenaikan harga tiket pada Januari hingga sekarang, jumlah wisatawan domestik yang datang ke Bali turun sekitar 12%," ujarnya dikutip dari Antaranews, Senin (3/6/2019).

Gede menyebut dukungan terhadap wacana Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) yang ingin mengundang lebih banyak lagi penerbangan luar "bermain" di Indonesia. Menurut Yuniartha, penerbangan luar negeri menawarkan harga tiket lebih murah dibandingkan dengan penerbangan domestik.

Yuniarta mengatakan sejauh ini mahalnya harga tiket tidak terpengaruh pada kedatangan dari wisatawan asing yang berkunjung ke Bali. Meskipun, diakuinya, nantinya akan ada persoalan yang muncul terkait dengan penerbangan, tak sedikit wisatawan dapat memilih angkutan darat sebagai alternatif dan sarana yang menarik ke depannya.

"Jadi tetap penurunan terjadi pada wisatawan domestik saja," ujarnya.

Menurut dia, banyaknya wisatawan terutama dari dalam negeri menggunakan transportasi darat untuk untuk berlibur saat ini tidak lepas dari keberadaan infrastruktur Trans Jawa, Trans Sumatera, dan lainnya.

"Kalau mereka beralih dengan transportasi darat tentu akan lebih mudah untuk mencapai destinasi, karena sekarang juga sudah dimudahkan dengan google map yang juga membuat orang mudah mencapai suatu tujuan wisatanya ke mana pun, " katanya.

Secara umum untuk angkutan Lebaran tahun ini, kata dia, masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya yang berjalan lancar. Untuk jalur darat pun, armada-armada yang berangkat dari Bali ke luar daerah, telah dipersiapkan dengan baik.

Pemerintah Provinsi Bali optimistis jumlah kunjungan wisatawan domestik pada liburan Lebaran akan mengalami peningkatan, karena ia melihat wisatawan Domestik yang tetap memilih Bali sebagai destinasi wisata saat libur panjang.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini