nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Survei Tarif Baru Ojol: 69% Driver Pendapatannya Meningkat

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 13 Juni 2019 19:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 13 320 2066199 survei-tarif-baru-ojol-69-driver-pendapatannya-meningkat-CgLAw6FSdQ.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Kementerian Perhubungan menyebutkan jika tarif baru ojek online akan membuat pendapatan dari driver ojek online meningkat. Hal ini terungkap ketika uji coba tarif baru selama tiga bulan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, berdasarkan survei ada sekitar 69% pengemudi yang mengalami kenaikan pendapatan. Sementara sisanya mengaku tidak mengalami kenaikan maupun penurunan.

“Apakah terjadi peningkatan pendapatan setelah tarif baru? 69% mengatakan terjadi peningkatan pendapatan, 31% mengaku tidak,” ujarnya di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (13/6/2019).

 Baca Juga: Pekan Depan Tarif Baru Ojek Online Berlaku di Seluruh Indonesia

Sementara itu, 45% driver menyebut tarif baru yang ditetapkan disebut murah. Sementara 31% mengatakan tarif tersebut sudah sesuai sedangkan sisanya berada di tengah-tengah.

“Tarif baru terhadap pendapatan 45% mengatakan murah 31% mengatakan sesuai. Pergerakannya masih antara murah dan sesuai sejauh ini,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Igun Wicaksono mengatakan, memang ada pengurangan order dari tarif baru ini. Namun secara pendapatan tidak ada perubahan justru mengalami peningkatan.

“Pendapatan kita memang naik. Lalu penumpang sebenarnya enggak terlalu turun ya. Karena ini kan banyak hari libur dan banyak penumpang kita dari pelajar sedangkan mereka sedang memasuki masa libur. Nah setelah libur panjang ini, kita harapkan akan stabil,” katanya.

 Baca Juga: Grab Beberkan Alasan Berikan Diskon Tarif

Igun menyebut secara keseluruhan tarif yang diberlakukan sudah relatif murah dan sesuai standar. Meskipun ada beberapa keluhan, tapi jumlahnya relatif kecil

"Secara keseluruhan sebenernya, penumpang muapun nilai tarif yang sudah diberlakukan itu stabil. Artinya tidak ada keluhan yang signifikan dari penumpang. Mereka memang mengeluh karena perubahan yang naik ini. Namun tidak berpengaruh sekali atas kenaikan yang ada sekarang ini,” katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini