nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Maskapai Akan Sediakan Penerbangan Murah di Jam Sepi

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Kamis 20 Juni 2019 17:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 20 320 2068834 maskapai-akan-sediakan-penerbangan-murah-di-jam-sepi-B448rwTQS6.jpeg Rakor Tiket Pesawat (Foto: Yohana/Okezone)

JAKARTA - Pemerintah menyatakan penurunan tarif tiket pesawat khusus untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC) akan menunggu usulan dari pihak maskapai. Pekan depan pihak maskapai akan memberikan usulan jadwal penerbangan yang tarifnya diturunkan.

"Kita minta maskapai untuk buat satu penerbangan murah di jam-jam tertentu, nanti minggu depan diajukan kepada Pak Menko (Darmin Nasution)," ujar Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono di kantornya, Kamis (20/6/2019).

Baca Juga: Harga Tiket Pesawat Dijamin Turun Pekan Depan

Dia menjelaskan, penerbangan dengan tarif murah akan disediakan di luar jam-jam sibuk (prime time) saja. Susi mencontohkan, jika dalam suatu rute terdapat 10 jadwal penerbangan yang dimiliki oleh maskapai, maka setidaknya 1-2 jadwal penerbangan tersebut akan bertarif murah.

"Jadi ambil satu jadwal penerbangan yang paling sepi jamnya. Nanti diberi penurunan harga yang cukup signifikan, kalau bisa di bawah 40%-50% dari tarif batas atas silakan," jelasnya.

Nantinya usulan penurunan harga pada rute dan jadwal penerbangan tersebut akan ditinjau kembali oleh pihak Kemenko Perekonomian. Pemerintah juga memiliki wewenang untuk meminta pengadaan penerbangan bertarif murah pada suatu rute, jika tidak terdapat dalam usulan pihak maskapai.

Baca Juga: Menko Darmin Panggil Menhub hingga Bos Maskapai Bahas Tiket Pesawat

Menurut Susi, penyediaan jadwal penerbangan yang murah ini sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat. Sebab, sulit untuk membuat tarif seluruh penerbangan kembali seperti dahulu.

Dia menjelaskan, dahulu tarif penerbangan yang diberikan memang sangat murah atau disebut harga tidak normal, sebab ada persaingan harga yang sangat ketat antar maskapai. Kondisi ini pun tak bisa terus berlanjut, lantaran keuangan maskapai dinilai terus tergerus, sehingga tarif dinaikkan atau kembali normal.

Maka jika masyarakat ingin mendapatkan penerbangan dengan harga yang murah, hal itu akan tersedia di jam-jam penerbangan tertentu saja. "Kalau mau cari murah ya ambil itu, yang bukan waktu prime time, yaitu di jam-jam sepi. Yang penting masyarakat sudah tersedia penerbangan murah," kata dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini