nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Investasi untuk Biaya Pendidikan Anak

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 23 Juni 2019 06:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 22 320 2069721 ini-investasi-untuk-biaya-pendidikan-anak-sReXqAO3ow.jpg Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Banyak orangtua yang pusing memikirkan biaya pendidikan anak. Mulai dari dana pelunasan uang pangkal, SPP beberapa bulan ke depan, hingga kebutuhan sekolah lainnya menjadi beban pikiran. Apalagi, tahun ajaran baru kali ini berdekatan dengan Lebaran, sehingga sebagian tabungan dan dana cadangan sudah terpakai untuk kebutuhan hari raya.

Sebagai catatan, biaya pendidikan anak bisa mengalami kenaikan hingga 10% per tahun. Jadi, pilihlah instrumen yang memberikan imbal hasil lebih tinggi dari inflasi pendidikan tersebut. Melansir Qerja.com, berikut beberapa instrumen investasi yang cocok untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak.

Emas

Emas adalah instrumen investasi yang disarankan untuk tujuan keuangan dengan jangka waktu tiga hingga lima tahun. Jadi, jika Anda punya anak yang belum masuk usia sekolah, maka bisa menyimpan emas untuk kebutuhan uang masuk Taman Kanak-kanak atau Sekolah Dasar kelak. Atau, jika Anda memiliki anak yang sudah duduk di Sekolah Menengah Pertama, maka logam mulia bisa disimpan untuk biaya masuk Sekolah Menengah Atas pilihan.

Sementara itu, jika sudah punya simpanan emas, maka Anda bisa menjual atau menggadaikannya untuk melunasi biaya masuk sekolah tahun ini. Jadi, emas ini bisa “menyelamatkan” Anda dari utang yang mungkin timbul karena cadangan tabungan pendidikan sudah keburu habis untuk keperluan Lebaran yang lalu.

(Baca Juga: 5 Pilihan Investasi untuk Biaya Pendidikan Anak)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini