Inflasi Juni Diprediksi 0,4%

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 01 Juli 2019 09:40 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 01 20 2073012 inflasi-juni-diprediksi-0-4-w7dBxtzXdn.jpg Ilustrasi: Foto Halomoney

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) akan merilis angka inflasi bulan Juni 2019 pada hari ini. Angka inflasi di Juni diprediksi masih stabil di level rendah.

Direktur Eksekutif Economic Action Indonesia (EconAct) Ronny P Sasmita mengatakan, inflasi pada juni 2019 diperkirakan berada di kisaran 0,45% - 0,50%. Faktor Lebaran dan juga hari pertama masuk sekolah menjadi hal pendorong inflasi.

“Bakal lumayan inflasi di Juni ini, jawabannya ya momen Lebaran dan tahun ajaran baru. Kisarannya 0,4%-0,5%,” ujarnya saat dihubungi Okezone, Jakarta, Senin (1/7/2019).

 Baca Juga: BI Prediksi Inflasi Juni 0,45%

Pangan dan sandang masih menjadi faktor pendorong inflasi di Juni 2019. Selain itu, tiket pesawat juga masih menjadi faktor pendorong terjadinya inflasi pada Juni 2019.

“Utamannya masih di pangan dan sandang, mengingat ada momen Lebaran dan tahun ajaran baru. Tiket pesawat juga berkontribusi cuma di saat Lebaran kemarin, penjualan tiket merosot tajam berganti dengan kenaikan pengguna jalan tol,” katanya.

Sementara Pengamat Ekonomi Bhima Yudistira mengatakan, angka inflasi pada Juni 2019 diperkirakan berada di angka 0,4%. Angka ini lebih rendah dibandingkan angka inflasi di Mei 2019.

“Inflasi Juni diperkirakan sebesar 0,4% lebih rendah dari Mei,” ucapnya.

 Baca Juga: Survei BI: Inflasi Juni 0,53%, Cabai Merah Pemicunya

Adapun faktor yang memengaruhinya adalah tiket pesawat. Sementara untuk pangan bulan ini tidak terlalu memiliki dampak yang besar.

“Faktornya sebagian besar Ramadan ada di bulan Mei sehingga dampak inflasi Juni karena Ramadan dan Lebaran tidak terlalu besar. Beberapa harga pangan mengalami penurunan seperti ayam ras, dan bawang putih. Penyumbang inflasi yang perlu diwaspadai adalah tarif angkutan udara. Efek penurunan TBA hampir tidak dirasakan ke harga tiket maskapai udara,” katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini