nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cabai Merah Penyebab Inflasi Juni, Tiket Pesawat Justru Deflasi

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 01 Juli 2019 11:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 01 20 2073059 cabai-merah-penyebab-inflasi-juni-tiket-pesawat-justru-deflasi-B4wHbnLvuX.jpg Foto: BPS Umumkan Inflasi Juni 0,55% (Giri/Okezone)

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi Juni 2019 mencapai 0,55% (month to month/mtm). Sedangkan inflasi secara year on year (yoy) sebesar 3,28%.

Dengan ini maka angka inflasi tahunan kalender 2019 yakni 2,05%. Jika melihat angka tersebut, inflasi secara keseluruhan masih terkendali.

 Baca Juga: BPS: Inflasi Juni 2019 Capai 0,55%

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan, penyebab utama inflasi adalah naiknya beberapa komoditas pangan seperti cabai merah dan beberapa sayuran. Selain itu, inflasi juga didorong dengan kenaikan harga perhiasan.

“Penyebab utama harga cabai merah, ikan segar dan beberapa sayuran,” ujarnya dalam acara konferensi pers di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Senin (1/7/2019)

Sementara itu, komoditas yang mengalami deflasi adalah seperti turunnya harga bawang putih dan juga ayam ras. Tak hanya itu, penurunan tiket pesawat juga justru mengalami deflasi di Juni 2019.

“Penyebab deflasi turunnya harga bawang putih, tiket angkutan udara, ayam ras,” ucap Kecuk sapaan akrabnya.

 Baca Juga: Inflasi Juni Diprediksi 0,4%

Kecuk berharap jika inflasi bisa tetap terjaga di level rendah, sehingga pada akhir tahun nanti, inflasi tetap sesuai target yang ditetapkan pemerintah yakni 3% plus minus 1%.

“Tentunya kita berharap inflasi tetap terkendali,” ucapnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini