nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Bertemu Xi Jinping, RI Minta Pendanaan Khusus dari China

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 02 Juli 2019 11:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 02 320 2073535 jokowi-bertemu-xi-jinping-ri-minta-pendanaan-khusus-dari-china-ki8Qr0viQ5.jpg Foto: Reuters

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan membeberkan hasil pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang digelar di Osaka, Jepang 28-29 Juni 2019.

Luhut menjelaskan pada KTT G20 itu, Presiden Jokowi bertemu dengan beberapa para pemimpin dunia. Salah satunya, adalah Presiden China yakni Xi Jinping.

"Pada pertemuan itu, kami (Indonesia) meminta agar mendapatkan special fund atau pendanaan khusus dari China mengenai investasinya. Karena, beberapa perusahaan China bekerjasama dengan perusahaan Indonesia dalam meningkatnya investasi," ujar Luhut di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Selasa (2/7/2019).

 Baca Juga: Ketemu Xi Jinping, Jokowi Bahas Perdagangan Indonesia-China

Dia menuturkan, perusahaan China yang investasi dalam empat rangkap koridor dan patner-nya Indonesia di perusahaan Indonesia ini mendapat interest pinjaman yang lebih murah di dalam negeri

"Jadi, dengan dengan adanya special fund Ini akan membantu jumlah pertukaran uang di Indonesia," tutur dia.

 Baca Juga: Presiden Donald Trump dan Xi Jinping Sepakat Kendurkan Perang Dagang

Hal itu, lanjut dia tidak akan menambah utang dalam penerimaan pendanaan khusus untuk investasi.

"Ke depannnya jangan membebani. Kemarin kita sampaikan pekerjaan strukturnya. Dan tanpa membuat beban biaya utang bertambah," ujarnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini