Jalur LRT Palembang Gelap Gulita, Ini Penyebabnya!

Rabu 03 Juli 2019 12:57 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 03 320 2074070 jalur-lrt-palembang-gelap-gulita-ini-penyebabnya-SUQJshgqhU.jpg LRT (ant)

PALEMBANG - Sepanjang jalur Light Rail Transit (LRT) sudah 3 hari gelap gulita. Hal ini dikarenakan adanya pemadaman lampu penerangan oleh pihak PLN.

Menurut Kepala Lapangan Proyek LRT Palembang PT Waskita Karya, Bambang Priyambodo, anggaran untuk pembayaran rekening listrik di sektor Penerangan Jalan Utama (PJU) khususnya di sepanjang jalur LRT bukan tanggung jawab dari pihaknya.

 Baca juga: Pembebasan Lahan LRT Jabodebek Ditargetkan Rampung Bulan Ini

"Untuk pembayaran listrik PJU LRT Palembang bukan kewajiban PT Waskita Karya. Lampu jalan LRT tidak ada di Rencana Anggaran Biaya (RAB) sejak awal. Rekening tagihan pun tidak ada di kami," ucap Bambang saat diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (2/7/2019).

 LRT

Bambang menjelaskan, listrik di PJU LRT ini tidak ada penyambungan yang baru, instalasinya langsung menyambung ke penerangan yang lama atau pada panel existing lama.

 Baca juga: Integrasi LRT-BRT, Kemenhub Siapkan O-Bahn Jadi Transportasi Baru

"Kalaupun ada anggarannya pasti kita keluarin, gak mungkin kita gak bayar karena akan diaudit, konyol kalau tidak dibayar," terang Bambang.

Adanya tunggakan listrik yang terjadi selama 6 bulan, kata Bambang, disebabkan adanya keterlambatan serahterima dari Satuan Kerja (Satker) PPK LRT Kementerian Perhubungan kepada pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.

 Baca juga: Diminati Masyarakat, Proyek LRT Fase II Harus Dilanjutkan

"Jumlah tunggakan sekitar Rp150 juta untuk 3 bulan, kalau 6 bulan ya kalikan saja. Jadi, Satker PPK LRT harus segera melaksanakan serahterima dari Kementerian Perhubungan kepada pihak Pemkot Palembang. Sementara untuk serahterima dari pihak kita ke PPK LRT sedang dalam proses dan dilakukan secepat mungkin," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini