nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daftar Popularitas Para Menteri Jokonomics di Mata Netizen

Rani Hardjanti, Jurnalis · Rabu 03 Juli 2019 13:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 03 320 2074094 daftar-popularitas-para-menteri-jokonomics-di-mata-netizen-6eXRFZ9AUf.jpg Presiden Jokowi dan Para Menteri (Foto: Setkab)

JAKARTA - Para menteri ekonomi di era Jokowi alias Jokonomics memiliki tingkat kepopulerannya di mata netizen. Tingkat kepopuleran dilihat dari jumlah follower di akun sosial medianya masing-masing.

Nyatanya, popularitas menteri di sosial media dipengaruhi oleh isu. Dalam riset yang merujuk pada beberapa platform digital seperti dari Twitter, Instagram, Google Trends, dan berita-berita daring, ternyata tidak semua menteri Jokonomic memiliki keaktifan dalam menggunakan media sosial.

“Adapun isu yang terkait dengan kenaikan tarif tiket pesawat, yakni Budi Karya, Darmin Nasution dan Rini Soemarno,” ungkap peneliti Digital Intelligence Lab dari Center for Digital Society (CfDS) Universitas Gadjah Mada (UGM) Treviliana Eka Putri dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/7/2019).

 Baca Juga: Menteri Susi dan Sri Mulyani, Siapa yang Paling Populer di Sosmed?

Lewat analisis data yang disediakan oleh Google Trends antara 1 Maret hingga 10 Juni 2019, terlihat bahwa popularitas Menteri dipengaruhi oleh perkembangan sebuah isu.

Sebagai contoh, pada bulan April 2019, Menteri BUMN Rini Soemarno menjadi nama yang paling populer saat muncul isu bahwa Menteri Rini Soemarno berencana untuk mengganti BUMN dengan super holding. Temuan ini menjadi menarik mengingat Menteri Rini sendiri tidak memiliki akun media sosial pribadi.

 Baca Juga: Isu Reshuffle Menguat, 4 Menteri Ekonomi Ini Layak Dipertahankan

Dari 34 Menteri yang tergabung dalam Kabinet Kerja, terdapat empat Menteri yang sama sekali tidak memiliki dan menggunakan akun media sosial (Twitter dan Instagram). Lalu siapa saja yang paling populer di mata netizen?

Berikut ini Daftar Popularitas Para Menteri Jokonomic merujuk pada besarnya jumlah pengikut akun media sosial Instagram dan Twitter, seperti diungkap oleh CfDS UGM.

1. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjadi Menteri yang paling populer di kalangan Kabinet Kerja. Totalnya mencapai angka 3,29 juta pengikut

2. Menteri Keuangan Sri Mulyani : 1,39 juta pengikut

3. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi : 68 ribu pengikut

4. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto : 53 ribu pengikut

5. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito : 43 ribu pengikut

6. Menteri ATR Sofyan Djalil : 37 ribu pengikut

7. Menteri Pertanina Amran Sulaiman : 17 ribu pengikut

8. Menteri ESDM Ignasius Jonan : 15 ribu pengikut

9. Menteri Koperasi dan UMKM AA Gede Ngurah Puspayoga: 11 ribu pengikut

10. Menteri PPN Bambang Brodjonegoro: 2 ribu pengikut.

11. Menko Perekonomian Darmin Nasution : 541 pengikut

12. Menko Maritim Luhur Binsar Panjaitan

13. Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono

14. Menteri BUMN Rini Soemarno

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini