nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Gojek hingga Traveloka, Alasan Arab Saudi MoU Digital Ekonomi dengan Indonesia

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Kamis 04 Juli 2019 18:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 04 320 2074723 ada-gojek-hingga-traveloka-alasan-arab-saudi-mou-digital-ekonomi-dengan-indonesia-OrcxeMstDl.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Pemerintah Indonesia menjalin kerjasama dengan Arab Saudi dalam pengembangan ekonomi digital. Pilihan Arab Saudi menggandeng Indonesia bukan tanpa sebab.

Alasan Indonesia tertarik untuk menjalin kerjasama karena Indonesia karena dianggap berpengalaman dalam pengembangan ekonomi digital. Hal itu terlihat dengan adanya unicorn-unicorn asal Indonesia, seperti Gojek, Bukalapak, Tokopedia, dan Traveloka.

Sehingga Indonesia dianggap sebagai partner strategis untuk mencapai visi 2030 Arab Saudi. Visi yang ingin diwujudkan bersama Indonesia itu, yakni mengembangkan ekonomi non minyak melalui sektor ekonomi digital.

Selain itu, mendorong keterlibatan pemuda dalam pengembangan teknologi digital, lalu mendorong pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM). Serta, inovasi Umrah untuk meningkatkan layanan bagi jamaah.

Baca Selengkapnya: Lahirkan Unicorn Baru, RI-Arab Saudi Perkuat Ekonomi Digital

Hal itu ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) Kolaborasi Digital oleh Menteri Komunikasi dan Informatika dari kedua negara di Riyadh, Arab Saudi. Dikutip dari instagram resmi Kementerian Perindustrian, Kamis (4/7/2019), ada 6 ruang lingkup dari kerjasama kedua negara ini.

Berikut rinciannya:

1. Kerjasama menyebarluaskan pemahaman digital pada masyarakat atau literasi digital.

2. Memberdayakan wirausahawan teknologi digital untuk mencapai keuntungan ekonomi bersama.

3. Mengaktifkan peran akselerator dan inkubator di sektor teknologi digital.

4. Mendirikan pusat inovasi digital bersama.

5. Kerjasama pertukaran informasi tentang kebijakan, teknik, dan regulasi di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

6. Penelitian dan pengembangan teknologi digital.

Melalui kerjasama ini, bakal hadir program pengembangan wirausaha muda di bidang teknologi digital. Selain itu, berkolaborasi juga untuk mengembangkan riset antara lain soal Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence), Internet of Things (IoT), Robotika, Cloud Computing, dan Blockchain.

Lalu dari kerja sama ini apa keuntungannya bagi Indonesia? Terdapat tiga manfaat yang didapatkan Indonesia dari kerjasama ini.

Baca Selengkapnya: Arab Saudi Siap Guyur Investasi Rp99 Triliun di Indonesia

Pertama, adanya pertukaran pengetahuan, sehingga dapat menciptakan riset dan inovasi digital ekonomi. Kedua, membuka peluang investasi Arab Saudi dalam pengembangan digital di Indonesia. Ketiga, manfaat inovasi umrah digital, di mana akan membuat peningkatan layanan umroh.

Lewat program pengembangan startup umroh dan ekosistem pendukung lainnya, maka manfaat yang didapatkan Indonesia adalah transparansi biaya Haji dan Umroh. Biaya Umroh jadi bisa dipantau secara online dan memudahkan memilih travel yang terpercaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini