Share

Kembangkan Startup Umrah, Tokopedia dan Traveloka Siapkan Prototipe

Taufik Fajar, Okezone · Jum'at 05 Juli 2019 15:58 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 05 320 2075088 kembangkan-startup-umrah-tokopedia-dan-traveloka-siapkan-prototipe-10NAyzHb3e.jpg Foto: India Today

JAKARTA - Pengembangan startup umrah digital menjadi fokus pertama realisasi MoU kolaborasi ekonomi digital Indonesia-Arab Saudi. Beberapa tahapan mulai dilakukan dua unicorn Indonesia, yaitu Tokopedia dan Traveloka, termasuk penyiapan prototipe-nya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menjelaskan, Kolaborasi Indonesia-Arab Saudi dalam mewujudkan startup aplikasi umrah ini juga membahas beberapa hal mulai dari bentuk kerjasama dan model investasi, rencana pengembangan produk, layanan untuk solusi umrah, hingga kemungkinan adanya pemberdayaan, pengembangan dan keterlibatan di sektor UKM.

“Kita harus dorong sektor swasta, peran pemerintah bukan sebagai regulator, tetapi memfasilitasi, membuka jalan, bahkan mengakselerasi. Jangan sampai Indonesia menjadi pasar terus,” tegas Menkominfo, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat (5/7/2019).

 Baca Juga: Startup Umrah Digital RI-Arab Saudi, Nasib Industri Travel?

Menurutnya, potensi umrah jamaah asal Indonesia sangat tinggi. Pada tahun 2018 saja mencapai 1 juta orang.

Bagi pemerintah Arab Saudi, pengembangan startup akan menguatkan diversifikasi ekonomi demi percepatan pencapaian visi Arab Saudi 2030.

Salah satunya dengan menciptakan ruang inovasi dan investasi generasi muda Arab Saudi serta meningkatkan kompetensi di bidang industri digital yang melibatkan sektor UKM.

 Baca Juga: Sasar Bisnis Umrah, RI-Arab Saudi Perkuat Ekonomi Digital

Sementara bagi Indonesia, aplikasi ini bisa mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi digital.

“Jadi sebenarnya benefitnya juga untuk Indonesia, untuk unicorn Indonesia, pebisnis asal Indonesia, dan untuk masyarakat Indonesia,” pungkas Menkominfo.(dni)

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini