nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siapa yang Pantas Gantikan Lagarde di IMF?

Senin 08 Juli 2019 23:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 08 20 2076295 siapa-yang-pantas-gantikan-lagarde-di-imf-i1xvbFCVQT.jpg Lagarde (Foto: AP)

BRUSSELS - Pejabat senior Uni Eropa mengatakan, Uni Eropa ingin memiliki kandidat Eropa yang disetujui untuk menggantikan Christine Lagarde di pucuk pimpinan Dana Moneter Internasional (IMF).

Lembaga pemberi pinjaman global tersebut perlu mengganti Lagarde setelah dia pekan lalu dicalonkan oleh para pemimpin Uni Eropa sebagai presiden Bank Sentral Eropa (ECB) berikutnya, sebuah pekerjaan yang akan dimulai pada November 2019.

"Ada dorongan kuat di antara negara-negara Eropa untuk datang dengan satu kandidat," kata pejabat itu dengan syarat anonimitas sebelum pertemuan para menteri keuangan zona euro pada Senin, yang kemungkinan akan membahas masalah ini secara informal seperti dikutip Antaranews, Jakarta, Senin (8/7/2019).

 Baca Juga: Christine Lagarde Dinominasikan Jadi Presiden Bank Sentral Eropa

Pejabat itu, seperti dilansir Reuters, mengatakan Presiden Eurogroup Mario Centeno termasuk di antara mereka yang mengerjakan ini, bersama dengan Finlandia, yang saat ini memegang jabatan presiden bergilir Uni Eropa.

Seorang pejabat mengatakan beberapa negara Uni Eropa menginginkan kandidat seseorang dari negara anggota Uni Eropa, opsi yang dapat mengesampingkan kandidat Inggris, karena Inggris akan meninggalkan Uni Eropa pada akhir Oktober.

Gubernur bank sentral Inggris, Bank of England (BOE) Mark Carney telah disebutkan dalam laporan media sebagai salah satu kandidat Eropa yang mungkin.

 Baca Juga: Bos IMF: Perang Dagang AS-China Tak Menguntungkan Siapapun

Meskipun lahir dan besar di Kanada, Carney, yang juga mantan gubernur bank sentral Kanada, memegang paspor Inggris dan Irlandia sebagai tambahan kewarganegaraan Kanada-nya.

Masalahnya bukan pada agenda formal pertemuan Senin, karena IMF sendiri bahkan belum membuka prosedur untuk menemukan direktur pelaksana baru.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini