nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pernah Kebakaran, Yuk Intip Istana Pagaruyung yang Dibangun Kembali dengan APBN

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 09 Juli 2019 17:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 09 470 2076693 pernah-kebakaran-yuk-intip-istana-pagaruyung-yang-dibangun-kembali-dengan-apbn-sTFiq7HbVt.jpg Istana Pagaruyung Sumbar (Foto: Okezone)

JAKARTA - Masyarakat minang pasti tak asing dengan Istana Basa Pagaruyung yang ada di Tanah Datar, Sumatra Barat (Sumbar). Istana ini menjadi simbol budaya dan adat istiadat masyarakat dan semua sejarah minang disimpan di dalamnya.

Namun tahukah kalian, pada Tahun 2007, Istana Basa Pagaruyung mengalami kebakaran hebat yang menyebabkan kerusakan berat pada struktur bangunan istana. Setahun berikutnya (2008), Istana Basa Pagaruyung dibangun kembali.

Baca Juga: Para Pengusaha Atur Strategi Bangun Hotel di Mandalika

"Dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Dengan menggunakan anggaran yang bersumber dari bantuan masyarakat, APBD, dan APBN, istana pagaruyung dibangun kembali," tulis Kementerian Keuangan dalam akun instagramnya, Selasa (9/7/2019).

Penyelesaian Pembangunan Istana Pagaruyung memakan waktu 6 tahun. Pada Oktober 2013, Istana Pagaruyung diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.⁣

Baca Juga: Diminta Jokowi Bangun Hotel di Mandalika, Ini Langkah Konglomerat

Sejak dibuka kembali untuk umum, Istana Pagaruyung menjadi salah satu destinasi wisata yang paling menarik minat pengunjung di Provinsi Sumatera Barat.

Di musim liburan, jumlah pengunjung bisa mencapai angka 13.600 orang per harinya, sehingga berdampak langsung pada meningkatnya aktivitas perekonomian masyarakat.⁣

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini