Belum Ada Aturan Khusus Diskon Tiket Pesawat, Bagaimana Sikap Maskapai?

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 10 Juli 2019 11:43 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 10 320 2076967 belum-ada-aturan-khusus-diskon-tiket-pesawat-bagaimana-sikap-maskapai-nIlkssnjqJ.jpg Penerbangan RI (Foto: Okezone)

JAKARTA - Diskon tiket pesawat dengan rute penerbangan murah atau low cost carrier (LCC) sebesar 50% akan dimulai pada esok hari. Namun sayangnya, pemerintah dinilai belum memiliki aturan khusus yang mengatur diskon tersebut.

Pengamat Penerbangan Gatot Raharjo mengatakan, tidak adanya aturan berpotensi untuk ditolak oleh maskapai. Meskipun jenis penolakannya akan dilakukan secara halus, misalnya cara menjual tiket dengan harga tinggi terlebih dahulu, ketika sudah tidak laku baru diberi diskon.

Baca Juga: Diskon Tiket Pesawat Dinilai Tak Efektif, Ternyata Ada Kelemahannya

“Ada kemungkinan nolak secara halus, yaitu mereka menjual harga tinggi dulu. Kemudian kalau kursinya yang itu sudah penuh baru jual yang harga diskon,” ujarnya saat dihubungi Okezone, Rabu (10/7/2019).

Kemudian, ketika pemerintah tidak konsisten untuk memberikan insentif. Maskapai tentu saja bisa membelot dan tidak ingin mengikuti kemauan pemerintah dalam memberikan diskon tiket pesawat.

Baca Juga: Siap-Siap, 11.626 Tiket Murah Akan Disediakan 2 Maskapai Ini

Pasalnya, pemerintah sendiri sudah berjanji akan memberikan berbagai macam insentif. Misalnya terkait harga avtur yang dijanjikan akan turun lagi. Kemudian biaya parkir pesawat di bandara yang dijanjikan diturunkan atau diberikan diskon.

Lalu ada biaya perawatan dan biaya suku cadang yang akan diberikan insentif fiskal berupa pemotongan bea masuk untuk produk impor suku cadang.

“Tapi kalau diskon ini dirasa merugikan maskapai, apalagi jika janji pemerintah untuk ikut menurunkan biaya seperti harga avtur, biaya perawatan, biaya suku cadang, biaya sewa dan lain lain tidak dilakukan, bisa saja maskapai menolak memberi diskon lagi,” jelasnya

Sebagai informasi sebelumnya, Pemerintah resmi memutuskan agar maskapai penerbangan memberikan diskon 50% dari Tarif Batas Ata (TBA) untuk penerbangan murah atau low cost carrier (LCC). Diskon sendiri akan diberikan mulai Kamis 11 Juli 2019 mendatang dan akan diberikan 30% dari kursi yang disediakan.

Adapun detailnya, Citilink nantinya akan menyediakan diskon untuk 62 penerbangan. Adapun jumlah kursi yang disediakan adalah sebanyak 3.348 per harinya.

Kemudian Lion Air menyediakan 146 penerbangan. Adapun jumlah kursi yang disediakan sebanyak 8.278 per harinya setiap Selasa, Kamis dan Sabtu pukul 10.00-14.00.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini