Presiden Trump Ancam soal Suku Bunga AS, Bos The Fed Tak Gentar

Kamis 11 Juli 2019 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 11 20 2077590 presiden-trump-ancam-soal-suku-bunga-as-bos-the-fed-tak-gentar-a2KTMbMzyO.jpg Jerome Powell (Reuters)

WASHINGTON - Ketua Federal Reserve AS, Jerome Powell, pada Rabu (10/7/209) waktu setempat mengatakan ia tidak akan berhenti dari pekerjaannya meski Presiden Donald Trump memintanya mengundurkan diri.

Melansir laman antaranews, Jakarta, Kamis (11/7/2019), bersaksi di depan Komite Jasa-jasa Keuangan dan Dewan Perwakilan Rakyat AS tentang keadaan ekonomi AS, Powell ditanya oleh Maxine Waters, seorang anggota kongres Demokrat dan ketua komite, apa yang akan dilakukannya jika Trump berkata kepadanya, "Saya memecat Anda. Kemasi, sudah waktunya untuk pergi."

"Tentu saja, saya tidak akan melakukan itu," jawab Powell.

 Baca juga: The Fed Isyaratkan Turunkan Suku Bunga Bulan Ini

"Saya tidak bisa mendengar Anda," kata Waters, dan anggota parlemen lainnya serta hadirin di ruang sidang yang dibanjiri tawa terbahak-bahak.

"Jawaban saya adalah tidak," jawab Powell.

 Jerome Powell (Reuters)

"Dan Anda tidak akan berkemas dan Anda tidak akan pergi?" katanya, dalam upaya menekan Powell untuk memberikan konfirmasi yang lebih kuat.

"Tidak, Bu," kata Powell.

 Baca juga: Trump Kembali Desak The Fed Turunkan Suku Bunga

"Saya telah mengatakan apa yang ingin saya katakan tentang masalah ini," katanya, mengulangi pernyataan yang dibuatnya setelah pertemuan kebijakan Juni, bahwa ia bermaksud untuk menjalani masa empat tahun jabatannya sebagai orang paling penting di Bank Sentral Amerika Serikat.

Trump telah mengkritik Powell, dan The Fed di bawah kepemimpinannya, karena tidak mengadopsi kebijakan moneter yang lebih longgar. Presiden mengatakan dia tidak menyarankan menurunkan Powell tetapi dia bisa melakukan itu jika dia mau.

Undang-undang menyebutkan Powell, sebagai ketua salah satu dari tujuh anggota dewan gubernur, hanya dapat dikeluarkan dari dewan karena alasan penyimpangan atau kelalaian tugas.

Tidak jelas apakah standar ini berlaku untuk masa jabatan empat tahun ketua, dan ada spekulasi bahwa Trump dapat menggantikan Powell dengan menurunkan jabatannya.

 Baca juga; The Fed Pertahankan Suku Bunga Acuan

Selama dengar pendapat, Powell menegaskan kembali pernyataan sebelumnya bahwa Fed akan "bertindak sewajarnya" untuk mempertahankan ekspansi ekonomi saat ini. "Ada risiko bahwa inflasi yang lemah akan lebih persisten daripada yang kita perkirakan saat ini," katanya, mengisyaratkan kemungkinan penurunan suku bunga.

Presiden dan pendiri MacroPolicy Perspectives, Julia Coronado, yang adalah mantan ekonom The Fed, mencuit ketika sidang masih berlangsung tentang kesaksian lisan Powell. Hal itu "mengkonfirmasi" bahwa penurunan suku bunga 25 basis poin "akan datang pada bulan Juli."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini