nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Foto Peserta Ujian STAN Gunakan Sepatu Usang Bertalikan Rafia, Siapa Dia?

Rani Hardjanti, Jurnalis · Kamis 18 Juli 2019 16:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 18 20 2080622 viral-foto-peserta-ujian-stan-gunakan-sepatu-usang-bertalikan-rafia-siapa-dia-glOGBonjtC.png Foto: Viral Pakai Sepatu Tali Rafia (Twitter BKN)

JAKARTA - Bisa masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) bak lubang jarum. Ujiannya kerap disebut sulit dan jumlah peminatnya sangat banyak. Sehingga terjadi kompetisi yang sangat ketat.

Namun, di tengah persaingan yang begitu ''sengit'' beredar foto mengenaskan, di mana salah satu peserta mengenakan sepatu yang terlihat dipaksakan. Pasalnya, sepatu berwarna hitam yang terlihat usang itu diikat dengan tali rafia. Siapakah peserta tersebut?

 Baca Juga: Viral Foto Peserta Seleksi STAN Pakai Sepatu Hitam Diikat Pakai Tali Rafia

Menurut Kepala Subbagian Administrasi Kerjasama dan Kehumasan PKN STAN Inwan Hadiansyah, peristiwa itu benar adanya, seperti informasi yang dipublikasikan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Di mana peserta ujian seleksi STAN tersebut berasal dari Madiun.

Namun, pada dasarnya berdasarkan aturan ujian seleksi STAN bahwa tidak ada aturan siswa yang mewajibkan pakai berwarna hitam. "Tidak ada aturan untuk warna sepatu," ujarnya saat dihubungi Okezone, Kamis (18/7/2019).

 Baca Juga: Di Depan Mahasiswa STAN, Sri Mulyani: Pancasila Bukan Sekadar Hafalan!

Seperti dikutip dari Pengumuman Nomor peng - 45/pkn/2019 Tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Spesialisasi Diploma I dan Diploma III Politeknik Keuangan Negara STAN Tahun 2019 Untuk Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Keuangan dann Instansi Pemerintah Lainnya, hanya tertera aturan seperti ini : "Peserta pria wajib mengenakan kemeja lengan panjang/pendek polos warna putih dan celana panjang formal (bukan jeans/corduroy) warna hitam polos. Peserta wanita wajib mengenakan busana/blus lengan panjang/pendek polos warna putih, dan rok panjang formal (bukan jeans/corduroy) sampai mata kaki tanpa belahan warna hitam polos."

Namun ketiga lebih lanjut disinggung mengenai siapa pemilik sepatu itu, Inwan menjawab singat "Mohon maaf, saya tidak punya informasi terkait hal tsb."

Seperti diberitakan sebelumnya, tengah terjadi viral berupa foto peserta seleksi STAN dengan kondisi diikat tali rafiah. Berdasarkan penelusuran Okezone, sebenarnya, foto yang tengah beredar luas sudah pernah diposting oleh akun resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Twitter pada 8 Juli 2019 lalu. Namun, justru foto itu menjadi viral belakangan, diduga banyak yang menyebarluaskan info serupa.

"Sepatu yang tak sempurna bukan menjadi halangan bagi seorang peserta #SPMBPKNSTAN2019 yang berasal dari Madiun di Tilok Yogyakarta ini. Semangatnya mengalahkan rasa lelah mimin yang sedang bertugas," demikian seperti dikutip dari akun resmi BKN, seperti dikutip Kamis (18/7/2019).

Postingan itu pun banjir komentar dari para netizen. Mereka mendoakan agar peserta tersebut lulus ujian.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini