nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hampir 5 Tahun Menjabat, Jokowi Sudah Operasikan 985 Km Jalan Tol

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 19 Juli 2019 14:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 19 320 2080995 hampir-5-tahun-menjabat-jokowi-sudah-operasikan-985-km-jalan-tol-GL5khrriDp.jpg Jokowi

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat sejak 2015 hingga Juni 2019 telah merampungkan 985 kilometer (km). Sementara secara kumulatif sejak 1978, jumlah jalan tol sudah 1.780 kilometer jalan tol.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, untuk tahun ini saja ada beberapa tol yang akan beroperasi. Tercatat ada 575 kilometer yang akan diselesaikan pada tahun ini.

 Baca juga: Jokowi Ingin Sambungkan Bandara hingga Tol ke Sentra Produksi Rakyat, Ini Kata PUPR

“Sampai hari ini jumlah jalan yg beroperasi mencapai 1780 km dengan beberapa ruas jalan tol yg akan kita selesaikan akhir tahun ini,” ujarnya saat ditemui di Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (19/7/2019).

 Jokowi

Menurut Danang, beberapa jalan tol yang akan diresmikan dalam waktu dekat adalah mayoritas di Trans Sumatera. Seperti jalan Terbanggi Besar - Kayu Agung - Pematang Panggang. Ruas tol ini merupakan bagian dari jalan tol Bakauheni - Terbanggi Besar yang digarap PT Hutama Karya (Persero).

 Baca juga: Jalan Sering Banjir, Jembatan Sepanjang 3 Km Akan Dibangun di Kalteng

“Yang paling dekat adalah target Kementerian BUMN juga untuk menuntaskan yg terbanggi besar- kayu agung, dan juga kayu agung-pematang panggang,” jelasnya.

Kemudian dilanjutkan Kayu Agung menuju Jakabaring. Jalan tol ini merupakan bagian dari Kayu Agung - Palembang - Betung (Kapalpetung) yang digarap Waskita Karya (Persero) Tbk.

“Ini sekitar oktober-november adalah dari Kayu Agung ke Jakabaring,” ucapnya

Menurut Danang, untuk persiapan peresmian saat ini pihaknya tengah melakukan pengecekan ke lokasi. Apalagi pemerintah sudah meminta agar jalan tol ini bisa segera diselesaikan.

“Hari ini tim BPJT ke Palembang mengecek kesiapan rencana pengoperasian dari Kayu Agung ke Jakabaring dan rencana penyelesaian untu palembang ke betung,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini