nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Maskapai Usulkan Diskon Tiket Pesawat Berlaku Setiap Hari, Ini Alasannya

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 22 Juli 2019 15:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 22 320 2082071 maskapai-usulkan-diskon-tiket-pesawat-berlaku-setiap-hari-ini-alasannya-hCNdkAer3q.jpg Pesawat (Okezone)

JAKARTA - Pemerintah berencana menerapkan tarif tiket pesawat murah setiap hari selama 24 jam. Wacana tersebut masuk dalam rencana jangka menengah panjang untuk menyediakan tiket pesawat murah kepada masyarakat.

Sekretaris Kementerian Koordinator bidang Perekonomian Susiwijono mengatakan, pihak maskapai mengusulkan untuk membuka penerbangan murah ini setiap hari dan setiap jam ke depannya. Artinya tidak hanya pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu saja melainkan tiap hari.

 Baca juga: Bos Lion Air Akui Belum Terapkan Diskon 50%

“Jangka pendek jadwal tertentu dulu, kalau ini nanti bisa kita lanjutkan pak Rusdi Kirana (Pemilik Lion Air) mengusulkan jangan hanya jadwal tertentu. Tadi disampaikan baik dari Lion dan Citilink kurang nendang buat masyarakat sehingga kalau keseluruhan penerbangan,” ujarnya di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (22/7/2019).

 Pesawat

Menurut Susi, alasan mengapa pihak maskapai mengusulkan hal tersebut dikarenakan jika hanya jadwal penerbangan tertentu ini justru menyulitkan pihak maskapai. Selain itu, kebijakan ini akan menimbulkan prasangka buruk masyarakat terhadap maskapai.

 Baca juga: Harga Tiket Turun, Pergerakan Pesawat di Soetta Dekati 1.250/Hari

“Dari level maskapai tidak mudah perlu level khusus mudahlah untuk masyarakat kita buka semuanya,” ucapnya.

Namun untuk saat ini kebijakan diskon 50% untuk tarif tertentu dan jadwal penerbangan tertentu masih akan diberlakukan hingga konsep jangka panjang ini siap. Namun dirinya tidak menyebutkan target berapa tahun konsep jangka panjang itu siap dijalankan.

“Kita bilang sekarang hanya jadwal tertentu sejalan dengan tadi sebulan kita melihat jangka menengah panjang. Konsepnya sudah selesai kalau harus mengubah PP semuanya harus selesai,” ucapnya.

Sementara itu, Pemilik Lion Air Rusdi Kirana mengatakan memang ada usulan agar pemberian tiket murah kepada masyarakat. Namun untuk merealisasikan hal tersebut dibahas apa saja insentif yang akan diberikan kepada pihak maskapai.

“Rencananya kan untuk sementara ini selasa, Kamis, sabtu jam 10 sampai jam 2. hari ini rapatnya bagaimana ini dibuat dari senin sampai minggu kemudian dari pagi sampai pagi. nah untuk itu akan ada insentif fiskal,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini