Kebutuhan Tenaga Kerja untuk Industri Bisa Dipenuhi, Ini Syaratnya

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 22 Juli 2019 19:10 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 22 320 2082118 kebutuhan-tenaga-kerja-untuk-industri-bisa-dipenuhi-ini-syaratnya-dxVMKG1Y8g.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - PT Estika Tata Tiara Tbk (BEEF) saat ini telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang program vokasi dengan Polbangtan Bogor dan Polbangtan Manokwari, Papua Barat, yang selanjutnya akan diikuti penandatanganan MoU dengan SMK-PPN Sembawa, Palembang.

Lingkup kerja sama bidang vokasi ini meliputi Praktik Kerja Lapangan, kuliah kerja lapangan (KKL), study tour, magang guru dan dosen, serta kunjungan Polbangtan untuk Teaching Factory (TEFA).

 Baca Juga: Kemenperin Buat Kurikulum SMK Sesuai dengan Industri

Selain bekerja sama di bidang vokasi, Produsen daging olahan dengan merk Kibif ini juga menjalin kemitraan strategis di bidang pelatihan SDM Pertanian atau Widyaiswara dengan Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan) Kementerian Pertanian.

“Pembangunan SDM melalui pelatihan dan pendidikan vokasi sangat penting, khususnya dalam menyiapkan angkatan kerja kompeten dan berdaya saing tinggi untuk memenangkan kompetisi global,” kata Direktur Pemasaran Estika Tata Tiara Grace Adoe seperti dikutip keterangan tertulisny, Jakarta, Senin (22/7/2019).

 Baca Juga: Pemerintah Akan Bentuk Komite Vokasi, Ini Fungsinya

Menurut Grace, Estika Tata Tiara menyeleksi setiap mahasiswa yang ingin mengikuti PKL untuk mengetahui seberapa besar pemahaman tentang feedlot dan feedmill penggemukan sapi potong, sehingga diharapkan mahasiswa yang telah mengikuti PKL terampil di bidang penggemukan sapi potong dan mempraktikkan materi utama yang diberikan.

“Keterampilan dan pengetahuan lapangan yang diperoleh selama PKL, dapat menjadi catatan untuk rekrutmen sebagai staf feedlot dan feedmill di Estika Tata,” katanya.

Selama mengikuti PKL, kata dia, manajemen feedlot dan feedmill sapi potong di Estika Tata Tiara mewajibkan setiap mahasiswa mematuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) dan aturan berlaku di lingkungan feedlot dan feedmill.

Selain itu, mahasiswa PKL wajib mengikuti sistem rolling untuk meningkatkan efektivitas kerja, kemudahan mencari data, dan kemandirian.

Sebelumnya, Estika Tata Tiara memfasilitasi tujuh mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor, Jawa Barat, mengikuti program vokasi melalui Praktik Kerja Lapangan (PKL), yang berlangsung selama dua bulan, yaitu dari 24 Juni hingga 14 Agustus 2019.

“Sumber daya manusia menjadi kunci sukses pembangunan ekonomi Indonesia. Jika perusahaan mempekerjakan sumber daya manusia yang terampil, saya yakin produktivitas industri akan meningkat dan memacu daya saing industri kita di tingkat global,” katanya.

Grace mengatakan, permintaan dari dunia usaha yang terus meningkat harus diantisipasi melalui program strategis agar dapat memastikan bahwa industri di Indonesia menyerap tenaga-tenaga kerja berkompetensi, produktif, dan berdaya saing yang siap bekerja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini