Pemerintah Akan Bentuk Komite Vokasi, Ini Fungsinya

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 02 Mei 2019 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 02 320 2050820 pemerintah-akan-bentuk-komite-vokasi-ini-fungsinya-TfjuHBw2zb.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution hari ini menggelar rapat koordinasi mengenai vokasi di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian Jakarta. Rakor tersebut dihadiri oleh Menaker Hanif Dhakiri dan Menhub Budi Karya Sumadi.

Hanif mengatakan, rapat kali ini membahas koordinasi pelatihan vokasi dan akan dilihat dalam jangka waktu tertentu yang di mana memprioritaskan investasi Sumber Daya Manusia (SDM).

"Misalnya yang segera diputuskan adalah semacam komite vokasi yang berfungsi mengkoordinasikan seluruh kementerian atau lembaga yang menyelenggarakan pelatihan vokasi," ujar dia, Kamis (2/5/2019).

 Baca Juga: Menperin Targetkan 1 Juta Tenaga Kerja SMK Tersertifikasi

Dia menuturkan, beberapa pihak sudah melakukan persiapan implementasi agar lebih masif dikonsolidasikan sehingga ada instrumen kelembagaan yang masif menggenjot hal tersebut.

"Karena ini ada jalur pendidikan, jalur pelatihan, lalu ada SMK, ini semua agar selaras," tutur dia.

 Baca Juga: Alasan Presiden Jokowi Fokus Kembangkan Sekolah Vokasi

Sementara itu, Menhub Budi Karya mengatakan, sektor perhubungan merespons tenaga terdidik untuk sektor laut dan udara. Di mana hal tersebut sudah masif dan reguler dilakukan.

"Pak Menko Darmin ingin membuat suatu tim yang mengevaluasi kinerja atau lingkup kerja masing-masing Kementerian, kita ikut," ungkap dia.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini