nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri Rini Perdana Kunjungi Grasberg Freeport Usai Diambil RI

Sabtu 27 Juli 2019 16:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 27 320 2084386 menteri-rini-perdana-kunjungi-garsberg-freeport-usai-diambil-ri-IUop2Ae5Ds.jpg Freeport (Reuters)

MIMIKA - Menteri BUMN Rini Soemarno pada Sabtu mengunjungi tambang emas dan tembaga Grasberg yang dikelola PT Freeport Indonesia (PT FI) di Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu.

Rini mengaku baru pertama kali mengunjungi situs tambang emas dan tembaga, yang saat ini, mayoritas kepemilikannya atau sebesar 51 persen saham telah secara resmi dikuasai pemerintah Indonesia.

 Baca juga: Produksi Emas Freeport Anjlok 76% Pasca-Dicaplok Indonesia

Dengan menggunakan alat pengamanan lapangan berstandar, Rini menumpang bis dan gondola untuk menuju tambang terbuka Grasberg yang berada di ketinggian sekitar 4285 meter di atas permukaan laut. Kemudian, Rini melanjutkan dengan mengunjungi tambang bawah tanah (underground) Grasberg yang berkedalaman sekitar 1700 meter di bawah permukaan tanah.

 Freeport

"Ini adalah kali pertama saya ke sini setelah pemerintah memiliki mayoritas 51 persen saham Freeport. Saya harap ini dapat menjadi aset bangsa dan negara yang bisa kita banggakan dan bisa menjadi tempat belajar," kata Rini di tambang terbuka Grasberg mengutip laman antaranews, Sabtu (27/7/2019).

 Baca juga: Bangun Smelter, Freeport Sewa Lahan 5 Tahun

Dalam kunjungan itu, Rini didampingi Deputi Jasa Keuangan, Survei dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Tri Hargo, Deputi Bidang usaha Pertambangan Industri Startegis dan Media Kementeria BUMN Fajar Harry Sampurno, Direktur Utama PT Inalum Budi Gunadi Sadikin, Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas, dan Wakil Direktur Utama bank-bank Badan Usaha Milik Negara.

Rini mengaku, dirinya memang sengaja baru menginjakan kaki di Grasberg setelah Tanah Air resmi memiliki saham mayoritas 51 persen saham Freeport, dari sebelumnya dimiliki Freeport McMoran Inc.

"Biarpun saya sebelumnya diminta untuk ninjau, baru setelah (memiliki saham) 51 persen saya berkunjung ke sini," ujar dia.

Adapun Indonesia secara sah memiliki 51 persen saham Freeport setelah BUMN PT Indonesia Asahan Analum (Inalum) menyepakati persetujuan penjualan dan pembelian (Sales Purchase Agreement/SPA) dengan Freeport Mcmoran Inc dan Rio Tinto.

Hingga berita ini ditulis, Rini masih melakukan kunjungan ke tambang bawah tanah Grasberg.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini