nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sempat Eror, Bank Mandiri: Saldo Nasabah Tak Hilang Satu Rupiah pun

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 29 Juli 2019 14:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 29 320 2084947 sempat-eror-bank-mandiri-saldo-nasabah-tak-hilang-satu-rupiah-pun-6ilUyD3cCj.jpg Foto: Konferensi Pers Ombudsman soal Error Bank Mandiri

JAKARTA PT Bank Mandiri (Persero) Tbk memastikan insiden saldo nasabah yang berubah beberapa waktu lalu tidak ada kaitannya dengan hacker. Insiden tersebut murni pemeliharaan sistem.

Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi mengatakan, apa yang terjadi beberapa waktu lalu adalah karena adanya sistem yang tidak berfungsi ketika sedang dilakukan pemeliharaan sistem. Oleh karena itu, berdampak kepada segelintir data nasabah.

Baca Juga: Saldo Nasabah Mandiri Berubah, Ombudsman Pastikan Tak Ada Hacker

“Ini tidak ada kaitannya dengan hacker ini murni melakukan pemeliharaan sistem dan hanya kepada segelintir data nasabah,” ujarnya dalam acara konferensi pers di Kantor Ombudsman, Jakarta, Senin (29/7/2019).

Infografis Eror Bank Mandiri

Menurut Hery, adanya kesalahan pada sistem langsung segera ditanggapi oleh tim IT perseroan, sehingga dalam waktu empat jam, seluruh sistem kembali dalam kondisi normal.

Baca Juga: 2.670 Rekening Nasabah Bank Mandiri Diblokir, Apa Penyebabnya?

“Insiden kemarin adanya malfungsi ada yang tidak bekerja dengan baik. Probabilitas kejadiannya sangat kecil dan kejadian ini sudah kita perbaiki,” katanya.

Hery juga memastikan jika seluruh saldo nasabah tidak ada yang hilang satu Rupiah pun. Seluruh uang yang dimiliki nasabah masih aman sesuai dengan saldo terakhir.

“Tidak ada dana nasabah yang hilang. Semuanya tersimpan di Bank Mandiri yang ada hanyalah tampilan saldo yang berubah. Komplen juga sudah kita hadapi dengan baik,” katanya.

Sementara itu, Kepala Departemen Pengawasan Bank OJK Hizbullah mengatakan, hingga saat ini seluruh sistem perbankan nasional belum bisa ada yang ditembus oleh hacker. Meskipun begitu, dengan adanya kejadian ini, OJK meminta kepada seluruh perbankan khususnya Bank Mandiri untuk memperbaiki sistem IT.

“Kami minta selalu meng-update dan memperkuat management security. Karena hacker selalu berusaha masuk.Tapi sampai sekarang bisa diamankan perbankan kita. Dalam hal ini OJK konsen IT perbankan kita aman digunakan masyarakat,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini