nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kepala BKPM: Lesunya Industri Automotif Buat Rawan PHK

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 30 Juli 2019 15:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 30 320 2085480 kepala-bkpm-lesunya-industri-automotif-buat-rawan-phk-0w4UiB1HlM.jpg Tom Lembong (Setkab)

JAKARTA - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyebutkan investasi dari industri automotif saat ini sedang lesu. Hal tersebut menyusul tengah diguncangnya industri automotif di pasar global.

Kepala BKPM Thomas Lembong mengatakan, guncangan terhadap industri automotif ini memang sedang gencar-gencarnya. Bahkan di beberapa negara di dunia, beberapa perusahaan automotif melakukan pengurangan tenaga kerja.

 Baca juga: Ini Alasan Nissan Kurangi 12.500 Pekerjanya

"Secara global, industri otomotif lagi menghadapi guncangan luar biasa," ujarnya di Kantor BKPM, Jakarta, Selasa (30/7/2019).

 Nissan

Salah satu contohnya adalah Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dilakukan oleh Nissan dan juga Ford. Khusus untuk Nissan, ada sekitar 12.500 karyawannya yang terkena PHK.

 Baca juga: Industri Automotif Kian Kokoh, Investasi Berlomba-lomba Masuk ke Indonesia

"Tiap bulan ada pengumuman misal Nissan pengumuman PHK lebih dari 12 ribu di seluruh dunia. Sebulan sebelumnya Ford mengumumkan PHK karyawan di Eropa," jelasnya..

Menurut Thomas, salah satu yang membuat industri automotif bergoncang adalah penjualan yang menurun. Bahkan sejak tahun lalu, di China penjualan mobil mulai merosot dibandingkan tahun sebelumnya.

 Baca juga: Impor Turun, Gaikindo Sebut Industri Automotif RI Sudah Mandiri

"Ini tidak pernah terjadi sebelumnya. Jadi secara siklus ekonomi dan industri otomotif ini sedang dalam proses down term, turun bukan naik. Mengalami deselerasi bukan akselerasi," jelasnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini