nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hadapi Industri 4.0, Apa yang Harus Dilakukan PNS?

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 31 Juli 2019 20:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 31 320 2086085 hadapi-industri-4-0-apa-yang-harus-dilakukan-pns-3neaCSORj9.jpg Foto: Taufik Okezone

JAKARTA - Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) menyebut, Aparatur Sipil Negara (ASN) harus siap menghadapi industri 4.0. Di mana salah satu caranya dengan perubahan dari ASN tersebut.

Sekertaris Jenderal Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional Himawan Arif Sugoto mengatakan bahwa tantangan menghadapi industri 4.0 bisa dimulai pada perubahan ASN dan birokrasinya.

"Seperti kita harus siap dengan industri 4.0. Serta bisa melakukan perubahan. Perubahan tersebut harus dimulai dari memberikan contoh bertegur sapa dan tidak merasa seram antara ASN lama dan baru yang nantinya bisa elaborasi untuk hadapi industri 4.0," ujar dia pada acara Youth Forum Discussion Sindo Weekly di Jakarta, Rabu (31/7/2019).

Baca Juga: Penerimaan ASN 2019 Dibuka Oktober, Mau Ngelamar CPNS atau PPPK?

Dia menuturkan, untuk perubahan sistem birokrasi itu, seperti tata kelola sumber daya manusia (SDM). "Contohnya anak-anak muda apabila masuk ke korporasi dan sudah selama lima tahun pasti akan pintar," ungkap dia.

Sedangkan, lanjut dia, apabila anak-anak muda masuk pemerintahan dan sudah lima tahun, pasti ke depannya akan tetap menjadi asisten pemerintahan. Hal ini yang harus diubah untuk dikembangkan lebih baik.

Baca Juga: BKN Buka-bukaan Kendala Pelamar CPNS

"Kita ingin ke depannya pemimpin di suatu lembaga itu tidak memandang ASN itu lama atau tidaknya. Tapi pengetahuannya dan ilmu dari ASN kepada birokrasi tersebut," tutur dia.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini