Molor Lagi karena Lahan, LRT Jabodebek Rampung 2021

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 02 Agustus 2019 17:49 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 02 320 2086963 molor-lagi-karena-lahan-lrt-jabodebek-rampung-2021-ZlBDaAmNel.jpg Foto: Ditjen Kemenhub

JAKARTA - Pemerintah memperkirakan kereta api ringan atau LRT Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek) akan rampung pada 2021. Sebelumnya, ditargetkan LRT Jabodebek rampung pada 2020. Namun saat ini ada beberapa kendala pada pembangunan LRT Jabodebek.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulfikri mengatakan bahwa saat ini pembangunan LRT sedang berjalan, tapi ada beberapa kendala yang harus diselesaikan. Seperti keberadaan depo di Bekasi yang baru 55% dan pembebasan lahan.

"Alhamdulillah secara keseluruhan pembebasan lahan sudah 65%. Jadi saya harapkan kita masih optimistis, pertengahan Agustus ada yang bisa selesai semua kendala lahan," ujar dia di Gedung Kemenhub Jakarta, Jumat (2/8/2019).

 Baca Juga: Pembebasan Lahan Proyek LRT Jabodebek 100% Selesai Agustus

Dia menuturkan, untuk pembangunan LRT Jabodebek dari Cawang-Cibubur sudah mulai tes perform kereta. Di mana test formnya masih mengejar temporary. Tapi September sudah dilakukan.

"LRT Jabodebek ini lebih canggih dari pada MRT. Di MRT ada masinis tapi tak mengendalikan itu. Yang LRT tak ada masinis sama sekali. Di dalam cuma ada attenden kalau ada masalah," tutur dia.

 Baca Juga: Pembebasan Lahan LRT Jabodebek Ditargetkan Rampung Bulan Ini

Sebelumnya, PT Adhi Karya (Persero) Tbk mencatat progres pembangunan kereta api ringan atau LRT Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek) sudah mencapai 65%. Sementara untuk pembangunan LRT Cibubur-Cawang sudah hampir selesai.

"Untuk pembangunan LRT Cibubur-Cawang sudah capai 83%. Jadi dengan hal itu, Inka pada Agustus 2019 akan mencoba kereta masuk rel LRT," ujar Direktur Operasional Adhi Karya Punjung Setya Brata di Kantor Kemaritiman Jakarta.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini