nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Uni Eropa Tunjuk Kristalina Georgieva Pimpin IMF

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Minggu 04 Agustus 2019 07:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 03 20 2087341 uni-eropa-tunjuk-kristalina-georgieva-pimpin-imf-lg4nUZdW7d.jpg Kristalina Georgieva (Foto: Reuters)

JAKARTA - Kristalina Georgieva dari Bulgaria dipilih Uni Eropa sebagai kandidat untuk memimpin Dana Moneter Internasional (IMF), menggantikan Christine Lagarde dari Prancis. Kepala eksekutif Bank Dunia yang berusia 65 tahun itu mendapat dukungan dari mayoritas 28 negara Uni Eropa.

“Selamat Georgieva terpilih sebagai kandidat dari Eropa untuk memimpin IMF. Dalam menghadapi meningkatnya ketegangan global, sangat penting untuk menegakkan IMF sebagai simbol multilateralisme," kata Ketua Menteri Keuangan Zona Euro, Mario Centeno.

Sebagian besar negara Uni Eropa mendukung Georgieva, meskipun pencalonannya akan memaksakan perubahan dalam aturan IMF, yang mengharuskan direktur pelaksana berusia di bawah 65 tahun ketika diangkat.

Maka, dengan perlunya perubahan itu bisa melemahkan kandidat Eropa jika sejumlah besar negara anggota IMF menentang reformasi.

Baca Selengkapnya: UE Pilih Kepala Eksekutif Bank Dunia Georgieva Jadi Pengganti Lagarde di IMF

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini