Sederet CEO dan Konglomerat Ini Lulusan Harvard, Nomor 14 Sukses di Indonesia

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 08 Agustus 2019 14:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 07 320 2089009 sederet-ceo-dan-konglomerat-ini-lulusan-harvard-nomor-14-sukses-di-indonesia-CY3CRhm9A8.jpg Foto: Mitt Romney, Salah Satu Lulusan Terbaik Harvard

JAKARTA - Tidak sembarang orang bisa mengenyam pendidikan di Harvard University. Kampus bergensi tersebut masuk ke dalam kategori universitas terbaik di dunia dan terbukti banyak mencetak lulusan yang sukses mulai dari miliarder hingga Presiden di Amerika Serikat (AS).

Harvard Business School (HBS) tidak hanya sebatas kampus, namun juga menjadi salah satu kiblat ilmu ekonomi dunia. HBS menawarkan master pertama di dunia dalam program administrasi bisnis pada tahun 1908. MBA Harvard sejak itu menjadi ciri khas elit, dengan lulusan seperti George W Bush, Mitt Romney, dan Michael Bloomberg.

Baca Juga: VG Siddhartha, Miliarder Kopi di India Ditemukan Tewas dan Sepucuk Surat

Berhasil menyelesaikan studi di HBS akan dilabeli sebagai lulusan yang paling kuat, terkemuka, dan sukses secara finansial. Ini bukan isapan jempol. Berikut orang-orang sukses dari Harvard seperti dikutip dari Business Insider dan catatan Okezone, Kamis (8/8/2019).

1. Walter Haas Jr Angkatan 1939

Menggantikan ayahnya sebagai CEO Levi Strauss & Co, Haas menjadi salah satu pemimpin dari satu perusahaan pakaian terbesar di dunia.

Lulusan Harvard

2. Philip Caldwell Angkatan 1942

Sebagai anggota keluarga non-Ford, Caldwell menjadi orang pertama yang menjalankan bisnis Ford Motor Company. Dia memimpin salah satu perputaran pendapatan terbesar dalam sejarah bisnis Amerika.

Baca Juga: Pernikahan Tokoh-Tokoh Dunia Ini Biayanya Sangat Fantastis!

3. Stephen R Covey Angkatan 1957

Covey menjadi sangat berpengaruh setelah menerbitkan bukunya sangat laris tentang "Tujuh Kebiasaan Orang yang Sangat Efektif."

Lulusan Harvard

4. Michael Bloomberg Angkatan 1966

Setelah menerima gelar MBA, Bloomberg menemukan perusahaan data keuangan Bloomberg LP pada tahun 1981, sebelum dia menjabat tiga periode sebagai Walikota New York City. Bloomberg dikenal sangat dermawan karena telah menyumbangkan lebih dari USD6 miliar untuk banyak hal.

5. Henry Paulson Angkatan 1970

Paulson menghabiskan 32 tahun kariernya dengan Goldman Sachs. Selain menjabat CEO dari 2006 hingga 2009, dia sebagai Menteri Keuangan AS hingga krisis keuangan.

Sekarang dia adalah ketua Institut Paulson, yang mempromosikan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan lingkungan yang bersih.

Lulusan Harvard

6. Ray Dalio Angkatan 1973

Dalio adalah pendiri dan kepala investasi yang sangat berpengaruh dari Bridgewater Associates, hedge fund terbesar di dunia dengan total USD150 miliar dalam total aset yang dikelola. Dia bernilai sekitar USD19,4 miliar.

7. Mitt Romney Angkatan 1974

Setelah mendapatkan gelar MBA, Romney memiliki karier panjang dengan Bain Consulting. Dia terpilih sebagai Gubernur Massachusetts pada 2002 dan sejak itu menjadi kandidat presiden.

8. George W Bush Angkatan 1975

Mantan Presiden AS George W Bush lulus dari HBS sebelum bekerja di bisnis minyak, Texas Rangers. Dia menjadi salah satu direksi Texas, dan dua masa jabatan sebagai panglima tertinggi.

Lulusan Harvard

9. Jim Koch Angkatan 1978

Koch meninggalkan konsultasi manajemen untuk mendirikan Boston Beer Company. Usahanya kini bernilai USD1,4 miliar.

10. Ann S. Moore Angkatan 1978

Setelah mendapatkan gelar MBA, Moore menjadi CEO wanita pertama Time, Inc pada tahun 2002. Dia sekarang menjalankan Galeri Kurator, sebuah galeri seni rupa di New York City.

11. Meg Whitman Angkatan 1979

Whitman menjabat sebagai CEO Hewlett-Packard dari 2011 hingga 2015. memimpin HP, Whitman melakuka transformasi besar dengan memecah perusahaan menjadi perusahaan dan perangkat keras.

Lulusan Harvard

Dia sekarang adalah CEO Quibi, platform video dengan nilainya sekitar USD3,8 miliar.

12. Chase Carey Angkatan 1981

Setelah menyelesaikan gelar MBA, Carey memulai karier di bidang media dengan sukses. Dia meluncurkan Fox News dan FOXSports dan menjabat sebagai CEO Direc TV. Dia sekarang menjadi Ketua Eksekutif dan CEO Grup Formula Satu.

13. Jamie Dimon Angkatan 1982

Dimon adalah Ketua, Presiden dan CEO JPMorgan Chase. Dia memimpin perusahaan terbesar dari empat bank besar di Amerika. Pada 2015, dia menjadi salah satu eksekutif perbankan pertama yang menjadi miliarder.

Lulusan Harvard

14. Nadiem Makarim

Sebagai lulusan program Master of Business Administration (MBA) di Harvard Business School (AS), Chief Executive Officer (CEO) Go-Jek Nadiem Makarim ternyata tidak ingin memanfaatkan gelarnya. Padahal, dengan memiliki gelar dari universitas ternama dari Amerika Serikat, bos Go-Jek ini bisa menempati posisi penting di sejumlah perusahaan besar di Tanah Air.

"Mendingan punya perusahaan (Go-Jek). Kata keluarga saya, ngapain kerja di perusahaan,” ujarnya saat berbincang dengan Okezone, pada awal Agustus 2015.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini