nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Mensesneg: Jawa Sudah Overload

Avirista Midaada, Jurnalis · Kamis 08 Agustus 2019 12:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 08 470 2089303 ibu-kota-pindah-ke-kalimantan-jawa-sudah-overload-RIyzZ7HjCl.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

MALANG - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyatakan rencana pemindahan ibu kota negara telah dikaji melalui kajian berbagai ilmu termasuk ilmu sosial.

"PIC-nya (Tupoksi) di Bappenas dan sudah digodok oleh Bappenas. Ini dirasa penting karena di Pulau Jawa dirasa sudah overload, apalagi di Jakarta sangat-sangat overload," tuturnya di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kamis (8/8/2019).

Baca Juga: Jokowi Pindahkan Ibu Kota ke Kalteng, Kaltim atau Kalsel?

Dari berbagai kajian tersebut, menurut mantan Rektor UGM ini pemindahan ibu kota negara bisa mengembangkan pertumbuhan berbagai sektor baru di sekitar lokasi.

"Pemindahan itu akan memberikan pengembangan titik dan pertumbuhan baru lah," katanya.

Di sisi lain, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meminta akademisi dari Himpunan Indonesia untuk Pengembangan Ilmu - Ilmu Sosial (HIPIIS) memberikan sumbangan terkait kajian infrastruktur pada ibu kota yang baru nanti.

"Saya kira ini momentum bagus, mumpung pembangunan insfrastruktur sedang berjalan. Sebaiknya kita (HIPIIS) juga segera memberikan masukan terhadap perkembangan-perkembangan yang sudah terjadi. Dan perkembangan-perkembangan yang akan terjadi dengan adanya pembangunan infrastruktur yang, bisa dibilang, besar-besaran pada periode kepemimpinan Bapak Jokowi yang pertama," jelas Muhadjir.

 Baca Juga: Kementerian PUPR Kaji Kebutuhan Jalan Tol di Ibu Kota Baru

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) telah merancang pemindahan ibukota negara dari Jakarta menuju Pulau Kalimantan. Pihaknya saat ini tengah melakukan kajian terhadap skema pemindahan ibu kota baru yang direncanakan dimulai pada 2020.

Presiden Joko Widodo sendiri telah merestui pemindahan ibu kota kali ini. Presiden Jokowi sendiri telah mengunjungi dua tempat di Pulau Kalimantan yakni Bukit Soeharto di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dan Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

 Infografis Pemindahan Ibu Kota

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini