nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tips Lancar Bayar Cicilan KPR

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 11:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 14 470 2091699 5-tips-lancar-bayar-cicilan-kpr-ouPVnRD5hm.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA – Bisa memiliki rumah adalah impian semua orang sekaligus investasi di masa depan. Namun, memutuskan untuk membeli rumah adalah suatu keputusan yang sangat besar dan perlu difikirkan matang-matang apalagi jika kita belum berpenghasilan yang cukup.

Harga rumah yang terus meningkat membuat kebanyakan orang menunda untuk membeli rumah dan memutuskan untuk mencari kontrakan rumah atau menyewa apartemen sebagai solusi sementara.

Baca Juga: Punya Cicilan Rumah atau Mobil? Ini Pengeluaran yang Harus Dibuang untuk Berhemat

Salah satu untuk bisa membeli rumah melalui Kredit Pemilikan Rakyat (KPR). Berikut tips agar cicilan KPR bisa terbayar dengan lancar seperti dikutip instagram resmi Kementrian BUMN Rabu (14/8/19):

1. Mengelola Keuangan

Ketika memutuskan untuk mengambil KPR, kamu harus tahu memperioritaskan pembayaran KPR saat membuat anggaran bulanan, agar uang tidak terpakai untuk keperluan lain. Bila perlu siapkan rekening khusus yang berisikan dana hanya untuk membayar cicilan KPR.

Baca Juga: 'Tercekik' Cicilan Mobil-KPR, Ini Masalah dan Solusi bagi si Gaji Segitu-gitu Saja

2. Manfaatkan Layanan Autodebet

Layanan auto debet merupakan fasilitas bank pemberi KPR, fasilitas ini memungkinkan kamu untuk membayar cicilan tepat pada waktunya.

KPR


3. Mengurangi Belanja Barang yang Konsumtif

Selama menyicil KPR, usahakan untuk mengurangi pembelanjaan barang-barang konsumtif yang tidak diperlukan agar keuangan kamu tetap terorganisir dengan baik.


4. Menyiapkan Dana Cadangan KPR

Sebaiknya siapkan dana cadangan minimal 3 kali cicilan KPR sehingga tak akan terlalu mempengaruhi kelancaran pembayaran KPR bila finansial sedang terganggu, seperti saat kehilangan pekerjaan akibat PHK atau anggota keluarga yang perlu perawatan medis.

5. Memanfaatkan Fasilitas Dari Asuransi

Kita semua tentu tak menginginkan ada kejadian kecelakaan. Namun, dalam kondisi darurat seperti itu, tentu mempertimbangkan opsi fasilitas asuransi tak bisa dikesampingkan. Misalnya saja premi kecelakaan, bisa di gunakan secara sementara untuk kebutuhan sehari-hari dan membayar KPR.

Nah, gimana milenial sudah siap untuk mengambil KPR? Tunggu apa lagi, Yuk persiapkan mulai sekarang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini