nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Video Kebakaran di Kilang Balikpapan, Pertamina: Sudah Ditangani

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 15 Agustus 2019 11:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 15 320 2092156 ada-kebakaran-di-kilang-balikpapan-ini-penjelasan-pertamina-0hOA6AiFU4.jpg Foto: Kilang Minyak Balikpapan (Ist)

JAKARTA - Beredar video kebakaran di area kilang Balikpapan milik PT Pertamina (Persero). Asap hitam pekat membumbung tinggi dan sejumlah petugas tampak sibuk di area tersebut.

 Baca Juga: Menteri Rini: Kilang Balikpapan Mampu Menyerap 14 Ribu Pekerja

Menanggapi hal tersebut, Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas'ud Khamid mengatakan, kejadian ini tak akan mengganggu operasional maupun pemasaran Pertamina. Saat ini pihaknya masih melakukan investigasi penyebab terjadinya kebakaran di area kilang Balikpapan atau Refinery Unit (RU) V Balikpapapan.

"Enggak, enggak berdampak. Sudah (ditangani)," ujarnya singkat di Kantor BPH Migas, Jakarta, Kamis (15/8/2019).

 Baca Juga: Kapasitas Kilang Minyak Balikpapan Diprediksi Naik 38%

Lagi pula lanjut Mas’ud, insiden kebakaran sana sudah berhasil ditangani. Si jago merah sudah dilokalisir dan jalur api utama berhasil dipadamkan.

 Ilustrasi Kebakaran

Ilustrasi: Kebakaran

Mas’ud menambahkan, saat terjadi kebakaran, pihaknya langsung dengan sigap melakukan langkah pemadaman. Kebakaran diketahui terjadi di salah satu titik area kilang RU V Balikpapan. Percikan api diduga muncul sekitar pukul 9.30 WITA.

“Sudah ditangani,” ucapnya singkat

Sementara itu, Manager Region Communication Relation dan CSR MOR VI Kalimanta Heppy Wulansari mengatakan hingga saat ini, pemadaman api terus dilakukan oleh Pertamina RU V menggunakan media foam dan air dengan mengerahkan 4 unit mobil Pemadam Kebakaran dan 1 unit trailer foam.

Hingga saat ini, lanjut dia, masih belum diperlukan evakuasi pekerja dan pemadaman bisa ditanggulangi oleh tim Pertamina.

"Adapun penyebab kebakaran masih menunggu hasil investigasi oleh tim Pertamina," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini