nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wawancara Khusus, Presiden Jokowi: Masa SDA Sudah Lewat, Kini SDM

Jum'at 16 Agustus 2019 17:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 16 320 2092913 wawancara-khusus-presiden-jokowi-masa-sda-sudah-lewat-kini-sdm-bADMPbLNtP.jpg Wawancara Khusus dengan Jokowi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengingatkan mengenai pentingnya kedaulatan data. Jika dahhulu sumber daya alam (SDA) merupakan potensi besar, namun data menjadi 'tambang emas' pada masa mendatang.

"Ini semua harus direspons secara cepat karena ini juga sudah berkaitannya kedaulatan data. Hati-hati masalah itu. Walaupun tidak direspons, data kita dipegang oleh negera lain, sehingga orang lain tahu," ujar Presiden saat wawancara khusus dengan iNews TV.

 Baca Juga: Wawancara Khusus, Presiden Jokowi: Dunia Berubah Cepat Sekali

Tidak hanya kedaulatan data yang sudah diditeksi oleh Presiden, soal perubahan tatanan dunia juga sudah diantisipasi dengan pembangunan sumber daya manusia (SDM). Hal ini menjadi penting mengingat ke depannya putra-putri bangsalah yang akan mengadapi dan menjalani perubahan.

Persoalannya, indikator keberhasilan penguatan SDM berbeda jauh dengan indikator keberhasilan yang sifatnya fisik, seperti pembangunan infrastruktur. Lalu apa tolak ukur keberhasilan pembangunan SDM?

 Baca Juga: Wawancara Khusus, Presiden Jokowi: Hati-Hati dengan Kedaulatan Data

 Jokowi Hadirkan Kembali Semangat Kebersamaan Anak Bangsa

Berikut ini kutipan wawancara khusus dengan Presiden Joko Widodo.

Pak jokowi jika infrastruktur kan hitung-hitungan profitnya itu lebih jelas. Kalau SDM itu profitnya seperti apa?

Hitung-hitungannya akan jelas nanti apabila kinerja dari setiap individu itu (ada) lompatannya.

Maksudnya seperti apa Pak?

Misalnya, bergeser dari tenaga kerja yang tadi menuju tenaga kerja yang masa kini dan ke depan itu akan kelihatan. Akan men-trigger ekonomi kita, akan kelihatan bukan ya ini bisa tangible benefit maupun intangible benefit.

 Jokowi Pakai Baju Adat Sasak, JK Pilih Baju Adat Betawi

Tetapi itu akan kelihatan dalam apa? Mungkin akan kelihatan di dalam index competitiveness. Akan kelihatan, bukan tidak ada, bukan absurd. Akan bisa dihitung dan akan bisa keliatan angka-angkanya.

Bagaimana potensi Indonesia dengan pembangunan SDM?

Jadi insya Allah kita bisa menang dipertarungan kali ini, masa sumber daya alam (SDA) sudah lewat kini masa (SDM). Kalau kita berhasil melakukan pembangunan manusia secara benar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini